Teori Cognitivism

Jika teori behavioris menyatakan bahwa pengetahuan diperoleh siswa dari ide-ide yang diperoleh luar individu (siswa), teori belajar kognitif menyatakan bahwa pengetahuan diperoleh dari dalam pikiran (siswa) yang bersangkutan. Individu kemudian menggunakan pengetahuan ini untuk membantu mereka memahami fenomena yang pada awalnya mereka menganggap sebagai tidak terstruktur atau tidak (bisa) dibedakan. Meskipun kognitif mengkonsep pengetahuan dengan cara yang berbeda (misalnya, sebagai disposisi kepribadian, dimensi perbedaan, skema, atau aturan), isi dari representasi-representasi  mental ini diklaim untuk memberikan dasar untuk menentukan makna dari sebuah fenomena.
Kognitivisme menggunakan metafora pikiran sebagai komputer: Informasi masuk, kemudian mengalami proses, dan mengarah ke hasil tertentu.


Baca juga ….

Teori Cognitivism
 Teori Belajar Constructivism
 Teori Social Constructivism
 Teacher-centred-student-centred
 Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism
 Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism
 Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism
 9-peristiwa-gagne pada pembelajaran
 Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning
 Pengelolaan-kelas
 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa
 RPP-kurikulum-2013
 Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1
 Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan
 Pembelajaran-kurikulum-2013
 belajar-pedagogi