Jika teori behavioris menyatakan bahwa pengetahuan diperoleh siswa dari ide-ide yang diperoleh luar individu (siswa), teori belajar kognitif menyatakan bahwa pengetahuan diperoleh dari dalam pikiran (siswa) yang bersangkutan. Individu kemudian menggunakan pengetahuan ini untuk membantu mereka memahami fenomena yang pada awalnya mereka menganggap sebagai tidak terstruktur atau tidak (bisa) dibedakan. Meskipun kognitif mengkonsep pengetahuan dengan cara yang berbeda (misalnya, sebagai disposisi kepribadian, dimensi perbedaan, skema, atau aturan), isi dari representasi-representasi mental ini diklaim untuk memberikan dasar untuk menentukan makna dari sebuah fenomena.
Kognitivisme menggunakan metafora pikiran sebagai komputer: Informasi masuk, kemudian mengalami proses, dan mengarah ke hasil tertentu.
Baca juga ….
Teori Cognitivism Teori Belajar Constructivism Teori Social Constructivism Teacher-centred-student-centred Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism 9-peristiwa-gagne pada pembelajaran Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning Pengelolaan-kelas Pembelajaran Berpusat Pada Siswa RPP-kurikulum-2013 Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1 Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan Pembelajaran-kurikulum-2013 belajar-pedagogi