Dibandingkan dengan behaviorisme dan kognitivisme, konstruktivisme individu mengusulkan pengetahuan tidak diperoleh dari dunia luar secara pasif atau ditanamkan sebagai representasi apriori dalam pikiran tetapi dibangun oleh kemampuan pikiran untuk secara aktif mengeksplorasi dan mengembangkan menjadi sesuatu fenomena yang bermakna bagi diri sendiri. Sumber pengetahuan yang dihasilkan dari interaksi individu sebelumnya dan bersamaan dengan lingkungan fisik dan sosial mereka dan melalui kemampuan mereka untuk memaknai sebagai alasan tentang dan secara simbolis mengubah interaksi ini menjadi interpretasi pribadi yang terbangun.
Sumber: Diadopsi dari Bahan pelatihan Master Trainer Pedagogy Program Indonesia – Singapore
Baca juga ….
Teori Cognitivism Teori Belajar Constructivism Teori Social Constructivism Teacher-centred-student-centred Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism 9-peristiwa-gagne pada pembelajaran Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning Pengelolaan-kelas Pembelajaran Berpusat Pada Siswa RPP-kurikulum-2013 Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1 Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan Pembelajaran-kurikulum-2013 belajar-pedagogi