Teori Behavioris

Teori Behavioris

Oleh : EndartaAdiM

Teori Behavioris berpendapat bahwa individu (siswa) memperoleh pengetahuan tentang peristiwa stimulus melalui pengalaman sensorik yang diperoleh dari sumber-sumber informasi eksternal (misalnya, dari keluarga, teman, atau media) dan dengan menghubungkan stimulus dengan respon perilaku tertentu.

Ketika perilaku seperti respon verbal berulang kali diperkuat, mungkin menjadi kebiasaan ke titik bahwa isi lisan (yaitu, kata-kata) dari kesimpulan respon yang berarti bagi individu

Pada dasarnya, behaviorisme berasal dari teori stimulus dan respon. Dalam paradigma ini, pelajar dikondisikan untuk merespon berdasarkan stimulus

Bagaimana Teori Behavioris berdampak pada pembelajaran

Penganut Teori Behavioris memperlakukan siswa / orang sebagai ‘kotak hitam’ ketika mereka belajar sedangkan ‘proses didalam diri siswa’ tidak mendapat perhatian. Teori Behavioris fokus pada penggunaan imbalan ekstrinsik dalam mengajar.

Sumber : Diadopsi dari pelatihan Master Trainer Pedagogi Program Indonesia – Singapore


Baca juga ….

Teori Cognitivism
Teori Belajar Constructivism
Teori Social Constructivism
Teacher-centred-student-centred
Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism
Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism
Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism
9-peristiwa-gagne pada pembelajaran
Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning
Pengelolaan-kelas
Pembelajaran Berpusat Pada Siswa
RPP-kurikulum-2013
Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1
Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan
Pembelajaran-kurikulum-2013
belajar-pedagogi