Kapan menggunakan .. pendekatan yang mana?
Boleh jadi pertanyaan itu muncul dibenak kita ketika merencanakan pembelajaran yang tepat untuk materi belajar siswa .. berikut adalah ilustrasinya :
Teacherd Centred Learning dianjurkan digunakan ketika:
- Siswa memiliki sedikit atau tidak ada pengetahuan sebelumnya
- Siswa tidak memiliki kemampuan belajar mandiri
- Siswa tidak/belum memiliki pengalaman atau keterampilan belajar secara kooperatif
- Ada kendala waktu
- Sumber daya alat, peralatan tidak mencukupi
Sebaliknya Student Centred Learning digunakan ketika:
- Siswa memiliki pengetahuan yang memadai
- Siswa memiliki kemampuan belajar mandiri
- Siswa memiliki pengalaman atau keterampilan belajar kooperatif
- Cukup waktu
- Sumber daya, alat, peralatan mencukupi
Sebaiknya sebelum kita putuskan menggunakan model yang mana kita harus pastikan hal-hal seperti dijelaskan diatas.
Baca juga ….
Teori Cognitivism Teori Belajar Constructivism Teori Social Constructivism Teacher-centred-student-centred Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism 9-peristiwa-gagne pada pembelajaran Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning Pengelolaan-kelas Pembelajaran Berpusat Pada Siswa RPP-kurikulum-2013 Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1 Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan Pembelajaran-kurikulum-2013 belajar-pedagogi