rpp 1 halaman

RPP 1 halaman / lembar

RPP 1 halaman / lembar menggegerkan praktisi pendidikan. RPP 1 halaman / lembar berita hot terbaru akhir 2019. RPP 1 halaman / lembar dimungkinkan dan merupakan implementasi dari 4 (empat) pokok kebijakan “Merdeka Belajar” Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Apakah harus RPP 1 halaman / lembar saja? Baca dulu …

DAFTAR ISI

Dasar Hukum RPP 1 halaman / lembar

RPP 1 halaman / lembar yang santer menjadi diskusi hot praktisi pendidikan baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pengamat pendidikan maupun pembina pendidikan lainnya.  RPP menjadi 1 lembar / halaman bukanlah perintah ataupun peraturan. Admin mendasarkan pendapat ini pada Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam edaran yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia ada 4 (empat) hal yaitu:

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran , langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajar an (KKG/ MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.

Sebagai tambahan Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di atas dilampiri narasi tanya jawab sebagai berikut:

Pertimbangan penyederhanaan menjadi RPP 1 halaman

Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Apa yang  dimaksud dengan   prinsip  efisien, efektif  dan  berorientasi pada  murid?

  • Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya 1 halaman?

Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP 1 halaman?

Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?

  • Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.
  • Guru dapat pula memodifikasi format  RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip  efisien,  efektif, dan berorientasi kepada murid
  • Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip  efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid

Berapa  jumlah komponen dalam RPP 1 halaman

  • Ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.
  • Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

RPP 1 halaman / lembar tidak secara tegas dinyatakan oleh maksud surat edaran, namun menjawab suatu pertanyaan tentang RPP dimungkinkan rencana pelaksanaan pembelajaran ditulis dalam 1 lembar / halaman. RPP 1 halaman / lembar tersurat dalam jawaban Mendikbud yang dikutip dalam blog Kemendikbud https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar

Komponen Induk RPP 1 halaman / lembar

Komponen RPP menurut Permendikbud No. 22 tahun 2016 meliputi :

  • identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  • kelas/semester;
  • materi pokok;
  • alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  • kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  • materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  • metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  • sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  • penilaian hasil pembelajaran.

Komponen RPP 1 halaman SE Mendikbud No. 14 2019

  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  • penilaian hasil pembelajaran.

Sesungguhnya bagi admin, RPP 1 halaman ini menyisakan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini :

  1. Apakah hanya 3 (tiga) hal itu yang akan dituliskan?
  2. Tidakkah kita ingin menuliskan identitas sekolah meski dengan versi minimal?
  3. Tidakkah kita ingin menuliskan identitas mapel, isi KD atau minimal nomor KD?
  4. dan beberapa pertanyaan lainnya …
CONTOH RPP 1 HALAMAN DISCOVERY

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan   :  SMKN 5 BANJARMASIN
Mata Pelajaran      :  Simulasi Digital
Kompetensi Keahlian :  Teknik Audio Video
Materi Pokok / KD   :
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9 Melakukan penelusuran informasi
Kelas/Semester      :  X/1
Tahun Pelajaran     :  2019/2020
Alokasi Waktu       :  3JP @ 45 menit

Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat (1) mengidentifikasi jenis-jenis mesin pencari, (2) menjelaskan fungsi mesin pencari, (3) menjelaskan cara penggunaan mesin pencari dengan penuh percaya diri.

2.    Melalui latihan peserta didik dapat (4) mengoperasikan mesin pencari (5) melakukan pencarian informasi dengan cepat dan terampil

Kegiatan Pembelajaran

  1. Guru masuk kelas tepat waktu
  2. Siswa dipersilahkan oleh guru untuk berdoa bersama
  3. Memberi pertanyaan : “Apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya dengan cepat secara online?”
  4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.
  5. Membagi siswa dalam kelompok kecil 5-6 orang.
  6. Guru menampilkan cerita/gambar/ilustrasi/video keuntungan yg diraih terampil menggunakan mesin pencari.
  7. Peserta didik membuat catatan hal-hal yang ditampilkan dalam cerita/gambar/ilustrasi/video tersebut.
  8. Menugaskan kelompok peserta didik mendiskusikan (a) apa yang dimaksud mesin pencari (b) jenis-jenis mesin pencari (c) fungsi-fungsi mesin pencari (d) cara menggunakan mesin pencari.
  9. Peserta didik dipersilahkan untuk membaca buku terkait topik tersebut, atau menggunakan media online yang bisa dijangkau.
  10. Menugaskan internal kelompok peserta didik menyimpulkan (a) apa yang dimaksud mesin pencari (b) jenis-jenis mesin pencari (c) fungsi-fungsi mesin pencari (d) cara menggunakan mesin pencari.
  11. Menugaskan internal kelompok peserta didik untuk membuat perbandingan antar search engine berupa tampilan layout masing-masing mesin pencari.
  12. Setelah semua kelompok siap, guru mengajak kelompok peserta didik menemukan informasi tertentu, dengan pembatasan waktu pencarian. Mengulangi pencarian informasi tertentu beberapa kali sambil menunjukkan hasil pencarian oleh guru
  13. Guru mengajak semua kelompok peserta didik untuk mendiskusikan dan menarik kesimpulan (a) apa yang dimaksud mesin pencari (b) jenis-jenis mesin pencari (c) fungsi-fungsi mesin pencari (d) cara menggunakan mesin pencari dan cara paling efisien pada langkah 11.
  14. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan (a) apa yang dimaksud mesin pencari (b) jenis-jenis mesin pencari (c) fungsi-fungsi mesin pencari (d) cara menggunakan mesin pencari dan cara paling efisien (e) proses pencarian informasi yang ditugaskan.
  15. Guru memberi penguatan kesimpulan yang dibuat peserta didik
  16. Guru mempersilahkan peserta didik mengerjakan soal evaluasi online yang sudah disiapkan.
  17. Guru memberikan Remedial berupa penugasan pada siswa yang nilainya di bawah KKM dan memberikan pengayaan bagi siswa yang ingin menambah nilai.
  18. Menyampaikan hasil-hasil kegiatan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan datang.
  19. Mempersilahkan peserta didik berdoa.
  20. Menutup pembelajaran.

Assessment

Penilaian sikap                 : jurnal sikap harian

Penilaian pengetahuan       : tes tertulis / online soal pilihan ganda dan uraian (… lampirkan  soal/instrumen evaluasi …..)

Penilaian keterampilan       :     proses dan hasil (… lampirkan  soal/instrumen evaluasi ….)

Mengetahui,
Kepala Sekolah

Drs.H.Syahrir,MM
NIP. 19671231199203105
Banjarmasin, 12 Maret 2020
Guru Mata Pelajaran

Drs. Endarta, M.Eng.
NIP. 19610824 198703 1 011
Contoh RPP 1 halaman Matematika
rpp 1 halaman
rpp 1 halaman
rpp-1-halaman
rpp-1-lembar-22-1

Bagaimana dengan rekan-rekan? Ok … demikian dulu diskusi RPP 1 halaman / lembar atau RPP 1 halaman

Sumber : Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019


Comments

21 tanggapan untuk “RPP 1 halaman / lembar”

  1. Menarik diskusinya, pak.
    RPP 1 lembar ini sebenarnya kabar bagus, sebab guru diberi keleluasaan lebih besar.

    Salam dari Malang, Pak.

    1. ya mas Hilal … terima kasih dah mampir di blog saya … salam kembali … semoga keleluasaan yang kita dapatkan bisa meningkatkan mutu pendidikan …

  2. Izin bertanya, apakah RPP terbaru menurut SE Mendikbud disusun per pertemuan? ataukah disusun per KD (memuat beberapa pertemuan?

    1. pak Awalian … seperti kita ketahui sesuai surat edaran … sesungguhnya 1 lembar atau seperti yang sudah dibuat … tidak menjadi soal … kemudian apakah untuk tiap KD atau tiap pertemuan … tidak di atur … yang diutamakan … komponen nya minimal 3 hal yaitu tujuan, langkah2 pembelajaran dan penilaian …
      kalau pendapat saya … RPP itu pedoman bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran … baiknya dicoba saja dulu … dan jangan terbatasi oleh jumlah lembar … 1 lembar tapi tdk digunakan sebagai pedoman tidak ada gunanya juga … lebih dari 1 lembar karena kita perlu dan terbantu sbg pedoman pembelajaran itu lebih baik …

  3. yhanks mas menteri. ini saja sudah cukup puas. sekali lagi thanks.

  4. Avatar Miduk Simanungkalit
    Miduk Simanungkalit

    Terimakasih Pak atas keterangannya, selamat juga atas pengabdian Bapak yang menorehkan prestasi sebagai Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional 2019.

    1. Terima kasih pak Miduk Simanungkalit … sudah mampir dan berbagi … terima kasih juga apresiasinya … seperti juga rekan-rekan yang lain … saya hanya berusaha mengerjakan yang terbaik yang mampu kita lakukan … bahwa itu ternyata dinilai sebagai sesuatu yang baik saya sangat bersyukur … semoga rekan-rekan tetap bersemangat meningkatkan mutu pendidikan … terima kasih

  5. Terima kasih pak, Mantab ilmunya buat saya

  6. Avatar Mardi Santoso
    Mardi Santoso

    Terimakasih pak Endarta.
    Penjelasan nya cukup jelas..
    dan semoga saya mampu mencoba mempraktekkan nya yg tetap meliputi tujuan, langkah pembelajaran dan penilaian.

  7. Ass pak pengawas sekolah. Setelah saya membaca contoh rpp 1 hal. Yg bapak buat, sy ada pertanyaan, APAKAH SETIAP PERTEMUAN HANYA ADA 1 TUJUAN PEMBELAJARAN ATAU BOLEH LEBIH DARI SATU? trimakasi pak smoga bernilai ibadah

    1. wa alaikum salam pak Marhaen … kalau pendapat saya … sebaiknya disesuaikan dengan waktu pertemuan dan pengaturan pengalaman belajar yang diharapkan pada mapel dan KD2 yang bersangkutan … bukankah kita punya program tahunan dan program semester yang perlu diakomodir?
      Contoh yang saya tunjukkan kemungkinan sudah disetel oleh penyusunnya … ibu Fitriani … sesuai perencanaan beliau … terima kasih pak Marhaen …

  8. Avatar EDI W SOERYONO
    EDI W SOERYONO

    Jempol…… atas informasi sangat berguna utk referensi kami, mohon motivasinya bgmn caranya agar guru-guru kami di SMK Timika Papua bisa memulai susun RPP 1 halaman ini pak?

    1. Semangat untuk rekan2 di SMK Timika Papua … salam hangat kami … admin blog https://putrautama.id/duniapendidikan/. … terima kasih pak EDI …

  9. Avatar Bukhori Muslim
    Bukhori Muslim

    Maa syaa Allah, terimakasih. Sangat membantu dan manfaat. Terimakasih Pa Pengawas.

    1. terima kasih pak Bukhori …

  10. Avatar Eko Sudiyanto
    Eko Sudiyanto

    izin download pak, saya dari SMAN 1 Tabunganen , 🙂

    1. iya pak … contohnyakah? silahkan …

  11. ASSALAMU ALAIKUM PAK MOHON MAAF SEBELUMNYA PAK. BAGAIAMAN JIKA HALAMAN RPP YANG DIBUAT MELEBIHI 1 HALAMAN DI KERANAKAN TUJUAN PEMBELAJARANNYA BANYAK JADI MEMUNGKINKAN MEMAKAI 2 HALAMAN APAKAH BOLEH PAK?

    1. wa alaikum salam pak Hariandy … sesungguhnya kata-kata 1 halaman itu hanya menjawab pertanyaan peserta rapat … jika bisa … yang sebenarnya tidak ada batasan jumlah lembar … coba baca lagi bagian tanya jawab nya … lebih baik 2 lembar tapi bermanfaat dan realistis dibanding 1 lembar tapi penmbelajarannya jadi minimalis … kasihan anak-anak kita …

  12. Avatar Rohmiyataun
    Rohmiyataun

    Banyak guru yang menafsirkan dan memahami kalau RPP yang dibuat harus 1 halaman, sehingga menjadikan RPP tersebut malah tidak berbobot. Sebenarnya RPP tersebut memuat 3 komponen, mau berapa halaman tidak jadi soal, karena intinya penyederhananan dari komponen-komponen RPP yang lama menjadi cukup 3 komponan saja, tapi berbobot dan menyasar pada kesuksesan dalam kegiatan pembelajaran. Kalau saya pemahaman saya seperti itu. Trimakasih

    1. iya bu Rohmiyatun … saya setuju dengan pendapat panjenengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.