Rencana-pelaksanaan-pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP pedoman pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP K 13 Rev. 2017 adalah RPP Keterampilan Abad 21. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP seharusnya mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 SMK.

rencana pelaksanaan pembelajaran
rencana pelaksanaan pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP idealnya dirancang guru sendiri. Bukankah kita sudah mengubah cara pandang kita menjadi pembelajaran berpusat pada siswa? Pembelajaran berpusat pada siswa menempatkan siswa atau peserta didik sebagai titik pusat dalam kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran maupun penilaian pembelajaran. Pada konteks inilah karakteristik peserta didik menjadi sangat penting dan harus diakomodir di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Karena itu idealnya rencana pelaksanaan pembelajaran RPP dibuat oleh guru yang akan mengajar karena guru itu sendiri yang sangat memahami karakteristik peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Keterampilan Abad 21. Standar Kompetensi Lulusan SKL SMK telah mengadopsi berbagai tantangan keterampilan abad 21.Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP yang konsisten menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran, model-model pembelajaran K-2013 SMK, media pembelajaran sesuai karakteristik siswa, penilaian yang HOTS akan benar-benar menghasilkan mutu lulusan yang tinggi. Karena itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP bukan administrasi pelengkap, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah pedoman guru melaksanakan pembelajaran keterampilan abad 21.

Prinsip-prinsip Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun dengan menerapkan prinsip-prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan Standar Proses Permendikbud No. 22 Tahun 2016, penyusunan RPP Kurikulum 2013 menerapkan prinsip-prinsip berikut :

  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP mengadaptasi perbedaan peserta didik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP perlu mengadaptasi perbedaan peserta didik. Peserta didik atau siswa, memiliki perbedaan-perbedaan individual antara lain yang dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. kemampuan awal,
  2. tingkat intelektual,
  3. bakat,
  4. potensi,
  5. minat,
  6. motivasi belajar,
  7. kemampuan sosial,
  8. emosi,
  9. gaya belajar,
  10. kebutuhan khusus,
  11. kecepatan belajar,
  12. latar belakang budaya,
  13. norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang disusun pendidik seharusnya mengadaptasi semua perbedaan karaktristik peserta didik. Apa maksudnya? Semua perbedaan karakteristik peserta didik mendapat solusi melalui program pembelajaran yang dirancang. Perencanaan yang cermat melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah jalan terbaik mempersiapkan berbagai strategi mengadaptasi perbedaan individual peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP memotivasi partisipasi aktif peserta didik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang dibuat harus mampu memotivasi partisipasi aktif peserta didik. Bagaimana cara, metode atau pun strategi kita membuat siswa termotivasi?

Memotivasi partisipasi aktif peserta didik harus direncanakan dengan cermat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  RPP harus menyatakan dengan jelas urutan tugas, jenis tugas, jenis tagihan, peran peserta didik, kegiatan peserta didik dan sebagainya. Peran siswa selama melaksanakan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan perlu dituliskan secara eksplisit terurut, apa saja yang harus dilakukan siswa, apa saja yang perlu didiskusikan. Semua kegiatan itu ditulis secara rinci di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Partisipasi aktif peserta didik perlu ditumbuhkembangkan. Peserta didik akan dengan sukarela terlibat dan berpartisipasi aktif ketika dia merasakan kegiatan tersebut merupakan kebutuhannya untuk itu pendidik perlu menyediakan waktu, perhatian dan strategi yang tepat melibatkan siswa dalam proses belajar.

  • RPP memuat rencana pendidik menerapkan pendekatan saintifik melalui kegiatan 5M
  • RPP memuat rencana pendidik menerapkan model-model pembelajaran SMK
  • RPP memuat rencana pendidik menerapkan pembelajaran kooperatif & kolaboratif
  • RPP memuat rencana pendidik untuk berinteraksi
  • RPP memuat rencana pendidik menerapkan pengelolaan kelas yang tepat

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP disusun berpusat pada peserta didik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP harus mengimplementasikan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran berpusat pada siswa memiliki makna bahwa siswalah yang menjadi aktor utama dalam proses belajar membangun pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam dirinya. Dalam konteks ini, siswalah yang akan melakukan langkah-langkah pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi mengomunikasikan. Semuanya siswa yang melakukan. Guru berperan sebagai fasilitator atau pembimbing.

Oleh karenanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang disusun guru hendaknya mengatur dengan jelas dan rinci semua langkah dan kegiatan yang harus dilakukan siswa pada tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan yang dituliskan secara urut mengikuti urutan logis pendekatan saintifik.

Setiap peserta didik adalah pribadi yang unik yang berbeda semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kecerdasan, gaya belajar, daya inovasi dan kemandirian dll. Semua karakteristik peserta didik telah diidentifikasi dan digunakan dalam rangka menyusun RPP SMK Terbaru Revisi 2017. Implementasi dalam RPP dapat berupa:

  • RPP memuat rencana penggunaan macam-macam media pembelajaran yang berbeda pada materi ajar yang sama
  • RPP memuat rencana pelaksanaan macam-macam bentuk aktifitas belajar
  • RPP memuat rencana pendidik menggunakan strategi melibatkan peserta didik dalam aktifitas pembelajaran
  • RPP memuat rencana pendidik memfasilitasi tumbuhnya inovasi, kreatifitas dan kemandirian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP mendorong pengembangan budaya membaca dan menulis

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP harus mampu mendorong pengembangan budaya membaca dan menulis di kalangan siswa selama proses pembelajaran. Budaya membaca dan menulis adalah kunci utama literasi dasar. Mendorong pengembangan budaya membaca dan menulis dikalangan siswa berarti mendorong siswa menuju literasi media literasi teknologi literasi visual. Untuk itu harus dipastikan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP ada kegiatan siswa membaca buku siswa, membaca dari blog atau website dan pastikan juga ada bentuk tagihan secara akademis yang disusun menggunakan kalimat sendiri.

Pada pelaksanaan prinsip mendorong pengembangan budaya membaca dan menulis ini juga perlu dilakukan pembinaan cara-cara mengutip dari buku sumber sebagai penghormatan kepada penulis sumber yang dikutip. Melalui kegiatan ini budaya membaca dan menulis serta penumbuhan sikap jujur dengan tidak melakukan plagiasi akan tumbuh dari hari-ke hari.

  • RPP memuat rencana memfasilitasi peserta didik melaksanakan kegiatan membaca
  • RPP memuat rencana pendidik membimbing penghargaan karya intelektual
  • RPP memuat rencana pendidik memberi kesempatan peserta didik berekspresi melalui jenis karya tulis yang berbeda
  • RPP memuat rencana pendidik memfasilitasi / membimbing pengadaan media penempatan hasil kegiatan baca tulis

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP memuat pemberian umpan balik

  • RPP memuat rencana pendidik memberi umpan balik positif
  • RPP memuat rencana pendidik memberi penguatan dalam proses pembelajaran
  • RPP memuat rencana pendidik memberi materi pengayaan
  • RPP memuat rencana pendidik memberi materi remedial

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP menggambarkan keterkaitan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP sudah seharusnya menerapkan prinsip adanya keterkaitan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Untuk memastikan prinsip ini benar-benar terimplementasikan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP maka kegiatan perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP di dahului dengan kegiatan:

  1. Analisis Keterkaitan SKL – KI – KD
  2. Analisis KD – IPK – Tujuan Pembelajaran – Materi Pelajaran
  3. Analisis Penerapan Model Pembelajaran termasuk nalisis pemaduan link antara model pembelajaran , pendekatan saintifik dan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan.
  4. Analisis penilaian pembelajaran yang mencakup keterkaitan Tujuan Pembelajaran, Indikator Soal, Jenis soal, bentuk soal, kunci jawaban dan cara penskoran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang didahului analisis tersebut mampu mengimplementasikan keterkaitan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Ini hal yang sangat bagus.

  • RPP direncanakan dengan didahului langkah pemeriksaan keterkaitan dan keterpaduan KD dengan KI dan SKL melalui Analisis SKL KI KD
  • RPP direncanakan dengan didahului langkah Analisis Materi Pembelajaran
  • RPP direncanakan dengan didahului langkah Analisis Penerapan Model Pembelajaran
  • RPP direncanakan dengan didahului langkah Analisis Penilaian

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dalam bahasa Inggris disebut ICT (Information Communication Technology dewasa ini telah berkembang sangat cepat. Banyak software dapat digunakan sebagai media pembelajaran

  • RPP memuat rencana pendidik menggunakan laptop, hp android, lcd proyektor dan peralatan lain sejenis sebagai alat bantu pembelajaran
  • RPP memuat rencana pendidik menggunakan fasilitas internet dan penggunaan Web 2.0 tools seperti blog, wiki, kelas maya dll.
  • atau penggunaan fasilitas intranet terbatas di lingkungan kelas / sekolah / lab menggunakan laptop, PC atau server sekolah.

APA YANG KITA HARAPKAN TERJADI di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran KITA TULISKAN SEMUA dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Yang kita tuliskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, bukan saja berupa kondisi akhir seperti apa yang kita inginkan tetapi juga langkah-langkah pembelajaran secara rinci bagaimana cara melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran itu. Logikanya, apa yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran diimplementasikan di dalam pelaksanaan pembelajaran. Inilah makna rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai pedoman guru melaksanakan pembelajaran. Tentu saja, kita perlu menggunakan format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang berlaku.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran idealnya memuat SEMUA ASPEK TERKAIT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN yang di rencana kan itu. Berdasar pada hal itulah maka rencana pelaksanaan pembelajaran MENJADI PEDOMAN guru melaksanakan pembelajaran. Dengan menuliskan SEMUA ASPEK TERKAIT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN dalam format rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai berarti kita sudah melakukan usaha mewujudkan pembelajaran yang bermutu. Isi rencana pelaksanaan pembelajaran yang lengkap dan ideal mengindikasikan bahwa kita adalah guru yang memenuhi Standar Kompetensi Pendidik. Sebaliknya, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang asal-asalan, mengindikasikan bahwa kita belum mampu memenuhi kompetensi pedagogi maupun kompetensi profesional seorang guru. Karena itu, penting sekali bagi kita memahami dan menguasai berbagai aspek dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Menu diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
ItemTopik Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1Pengertian-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP
2Format-dan-Komponen-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP
3Komponen-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP-berdasarkan-standar-proses
4Komponen-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP-berdasarkan-permendikbud-103-tahun-2014
5Komponen-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP-dan-sistematika
6Prinsip-prinsip-Penyusunan-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP
7Langkah-Penyusunan-Rencana-Pelaksanaan-Pembelajaran-RPP

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah rencana tatap muka. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 dibuat untuk satu pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD) (2016, MATERI PELATIHAN: PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP))

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. (2016, LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH)

Berdasarkan kutipan di atas cukup jelas kiranya bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang disusun berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD) agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Back to Menu Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Format dan Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP disusun oleh setiap guru. Susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP  memperhatikan format yang disarankan dalam Standar Proses dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatur tentang Pembelajaran (Permendikbud 103 tahun 2014). Adapun format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP  seperti tampak pada ilustrasi di bawah.

rencana pelaksanaan pembelajaran rpp
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Back to Menu Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP berdasarkan Standar Proses

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang disusun berdasarkan Standar Proses Permendikbud No. 22 Tahun 2016 sekurang-kurangnya memiliki komponen-komponen sebagaimana terurai di bawah ini.

  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi  waktu   ditentukan   sesuai   dengan   keperluan   untuk pencapaian KD  dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran  yang  dirumuskan  berdasarkan  KD,  dengan menggunakan kata  kerja  operasional  yang  dapat  diamati  dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar  dan  proses  pembelajaran agar  peserta  didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah  pembelajaran    dilakukan    melalui     tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.

Back to Menu Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP berdasarkan Permendikbud 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP berdasarkan panduan dari Permendikbud 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling sedikit memuat:

a. identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran atau tema, kelas/semester, dan alokasi waktu;
b. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator pencapaian kompetensi;
c. materi pembelajaran;
d. kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup;
e. penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan; dan
f. media, alat, bahan, dan sumber belajar.

Back to Menu Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP dan Sistematika untuk Sekolah Menengah Kejuruan diadopsi dari Bahan Diklat Implementasi Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP
Sekolah: …………………………………………………..
Mata Pelajaran: …………………………………………………..
Kelas/Semester: …………………………………………………..
Alokasi Waktu: …………………………………………………..
A.Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
2.    Keterampilan
B.Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
2.    KD pada KI keterampilan
C.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
D.Tujuan Pembelajaran
E.Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F.Pendekatan, Model dan Metode
G.Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu:*)
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.   Kegiatan Inti (… menit)
c.    Penutup (… menit)
2.    Pertemuan Kedua:*)
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.   Kegiatan Inti (… menit)
c.    Penutup (… menit),
dan pertemuan seterusnya.
H.Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian
2.    Analisis Hasil Penilaian
3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
I.Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media
2.    Alat
3.    Bahan
4.    Sumber Belajar
Mengetahui______________, _________
Kepala …………………………..Guru Mata Pelajaran,
NIPNIP

Langkah Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah pedoman guru dalam mengajar. Perencanaan yang matang dengan rinci dan jelas akan memudahkan dalam penerapannya di kelas. Untuk itu perlu direncanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Analisis Keterkaitan SKL – KI – KD
  2. Analisis KD – IPK – Tujuan Pembelajaran – Materi Pelajaran
  3. Analisis Penerapan Model Pembelajaran termasuk nalisis pemaduan link antara model pembelajaran , pendekatan saintifik dan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan.
  4. Analisis penilaian pembelajaran yang mencakup keterkaitan Tujuan Pembelajaran, Indikator Soal, Jenis soal, bentuk soal, kunci jawaban dan cara penskoran.
  5. Menyusun hasil analisis 1 s.d. 4 menjadi sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP satu Kompetensi Dasar ( 1 KD ) lengkap.
rencana pelaksanaan pembelajaran
rencana pelaksanaan pembelajaran

Back to Menu Diskusi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

Posting terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP:

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD Silabus dan RPP SMK Revisi 2017

Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasarkan KI KD SMK Revisi 2017


Comments

7 tanggapan untuk “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP”

  1. Avatar imam ghozali
    imam ghozali

    MATURNUWUN INFONYA YANG SANGAT MEMBANTU

    1. injih pak Imam Ghozali … dhawah sami-sami …

  2. Avatar Muhlis Mustari
    Muhlis Mustari

    Mas… Bagaimana cara download contoh RPPnya???

    1. pak Muhlis … contoh RPP nya di posting … Menyusun Silabus dan RPP SMK

  3. Alhamdulillah,
    Ilmuku ttg RPP K 13 bertambah hari ini,.tks Mas Endarta Adi.

    1. alhamdulillah … iya … sama-sama …

  4. Matur nuwun bapak ilmunya.
    Menawi contoh RPP yg seperti diuraikan tersebut, wonten ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.