Pembelajaran

KBBI Daring Kemdikbud memaknai pembelajaran sebagai proses, cara, perbuatan menjadikan (siswa) belajar. Berkaitan dengan arti kata tersebut pada praktek sehari-hari kita mengenal istilah terkait pembelajaran tersebut seperti proses pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran dan sebagainya. Prinsip dan pendekatan pembelajaran yang berkembang tidak terlepas dari teori belajar yang berkembang seperti teori behaviorisme, teori kognitivisme, teori konstruktivisme maupun sosio konstruktivisme. Karena itu sangat penting bagi praktisi pendidikan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan pratisi pendidikan lainnya memahami pengetahuan terkait belajar tersebut.

Pendekatan pembelajaran juga berkembang seiring penerapan kurikulum yang dipandang sesuai oleh pemerintah selaku penanggung jawab pendidikan bagi masyarakat. Saat ini, Kementerian Pendidikan masih mengijinkan sekolah menjalankan Kurikulum 2013 Revisi, Kurikulum Darurat dan telah mulai secara luas memberlakukan Kurikulum Merdeka. Penerapan kurikulum pendidikan yang berbeda ini sedikit banyak menyebabkan guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah menyesuaikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran hingga penilaian pembelajaran.