RPP ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP K13 Rev. 2017 adalah RPP Pembelajaran Keterampilan Abad 21. Karena itu, RPP bukan sekedar administrasi guru tetapi pedoman pelaksanaan pembelajaran. Ya … kini RPP adalah pedoman operasional guru pada saat melaksanakan pembelajaran K13 Revisi 2017. Sayangnya banyak dari kita masih berpikir dan bertindak dengan paradigma lama dan memperlakukan RPP tidak semestinya sehingga hal-hal berikut sering terjadi:
- RPP hanyalah sekedar pelengkap administrasi guru, hanya berguna saat ditanya kepala sekolah atau pengawas sekolah, … ada RPP? … Ada!
- RPP hanyalah sekedar pelengkap dokumen sekolah, hanya berguna saat ditanya asesor akreditasi sekolah, … ada RPP? … Ada!
- Saya mengajar tidak pakai RPP juga bisa! Kenapa harus ribet-ribet bikin RPP?
RPP & Silabus |
---|
Bagaimanapun, admin masih percaya yang berpendirian seperti di atas hanya beberapa saja. Sebagian besar yang lain masih sependapat dengan saya bahwa RPP itu rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman melaksanakan pembelajaran. Dan mungkin masih penasaran … RPP K13 atau RPP K2013 Revisi 2017 itu seperti apa? Bagaimana ciri-ciri RPP K13 yang benar atau ideal …?
Menyusun Silabus dan RPP SMK kewajiban guru. Menyusun Silabus dan RPP SMK salah satu tugas utama merencanakan pembelajaran. Menyusun Silabus dan RPP SMK banyak ditanyakan rekan pendidik dari berbagai mata pelajaran. Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seharusnya di susun berdasarkan Spektrum Keahlian SMK 2016, Struktur Kurikulum SMK 2017 dan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017 yang telah diputuskan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Untuk menyusun Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini seharusnya pendidik menerapkan analisis SKL KI KD, analisis materi pembelajaran, analisis penerapan model pembelajaran dan perancahan pemaduan sintak model pembelajaran dengan tahapan pendekatan saintifik 5 M. Dengan ke 4 jenis analisis tersebut, sebagian besar unsur-unsur atau komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP telah teridentifikasi.
Di samping itu, menyusun Silabus dan RPP SMK dengan cermat ikut menginisiasi Pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang telah diadopsi dalam Standar Kompetensi Lulusan SMK dan menjadi rujukan pengembangan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar SMK. Rekan-rekan pendidik, menurut saya, harusnya juga mengimplementasikannya dalam silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017. Bahkan, bagi yang masih berbasis KTSP Kurikulum 2006 pun seharusnya memperbaiki silabus dan rpp dan proses pembelajarannya agar para siswa tetap mendapatkan Pembelajaran Keterampilan Abad 21.
Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seharusnya telah mencirikan pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang banyak dikenal dengan 4C yaitu Critical Thinking, Creative Thinking, Collaborating dan Communicating yang per
lu didukung pengembangan Literacy dan Life Skill. Kita tentu tidak ingin siswa atau peserta didik kita tersisih dari persaingan pada jamannya gara-gara silabus dan rpp smk persiapan pembelajaran kita yang belum di revisi. Oleh karena itu marilah kita Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang mendukung pengembangan Keterampilan Abad 21.
Dokumen dan Pengetahuan Dasar Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Menyusun silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 memerlukan dokumen dan pengetahuan dasar kurikulum. Dokumen-dokumen yang diperlukan pada kegiatan menyusun silabus dan rpp smk antara lain :
- Struktur Kurikulum SMK Tahun 2017, bagi rekan-rekan yang belum memiliki silahkan mengunduh dulu di sini >> Struktur Kurikulum SMK Tahun 2017
- Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) SMK Tahun 2017, silahkan mengunduh di sini >> Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017
- Modul-modul Bimbingan Teknik Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang berisi pengetahuan dasar untuk implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Daftar Kata Kerja Operasional (KKO)
Beberapa pengetahuan dasar yang mendukung kegiatan Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pernah atau sudah kita diskusikan dan dapat rekan-rekan temukan di blog ini, antara lain :
- Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017
- Silabus SMK 2017
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Tujuan Pembelajaran
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Format RPP
- Model Pembelajaran
- Proses Pembelajaran
- dan lain-lain
Langkah-langkah Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 diawali dengan melakukan kegiatan analisis-analisis untuk mendapatkan elemen-elemen silabus dan RPP SMK yang akurat. Analisis dan kajian untuk menyusun silabus dan RPP SMK adalah seperti terurai di bawah ini.
- Analisis SKL KI KD Silabus dan RPP SMK
- Analisis Materi Pembelajaran Silabus dan RPP SMK
- Analisis Penerapan Model Pembelajaran Silabus dan RPP SMK
- Analisis Penilaian Hasil Belajar SMK
Setelah melakukan 4 (empat) macam analisis tersebut pada dasarnya, semua elemen yang diperlukan untuk menyusun silabus dan rpp SMK sudah kita miliki. Langkah selanjutnya adalah mengisikan elemen-elemen silabus dan RPP hasil analisis ke dalam format-format silabus dan RPP SMK.
Analisis SKL KI KD untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 di awali dengan Analisis SKL KI KD. Mengapa ini harus kita lakukan? Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP SMK yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan SMK maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP SMK terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.
Contoh Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMK
Contoh Analisis SKL KI KD dalam posting ini admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | ANALISIS DAN REKOMENDASI KI |
1 | 2 | 3 |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Grafikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Grafika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. | KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun |
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun | |
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan pada Kompetensi Keahlian Desain Grafika (3 Tahun) | KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun |
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN | KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN | Analisis KD-3 | Rekomendasi KD-3 | Analisis KD-4 | Rekomendasi KD-4 | Rekomendasi KD-KD pada Mapel |
(KD-3) | (KD-4) | Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan | Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan | Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi | Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4 | · Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran · Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
3.1 Memahami pola tata letak. | 4.1 Memilih pola tata letak. | Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami(C2), dan pola tata letak …adalah bentuk dimensi pengetahuan Konseptual | Memahami (C2), SESUAI dipasangkan dengan pola … (pengetahuan konseptual) | Memilih adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) | KD-3 Memahami (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 memilih (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan, tetapi dire komendasikan KD-3 dinaikkan menjadi menerapkan (C3) | KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaranDasar-Dasar Kegrafikaan sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan metakognitif. |
Cara Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMK
- Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisis KD 3)
Pada KD contoh di atas berbunyi … Memahami pola tata letak … Memahami merupakan tingkat kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa yang menunjukkan tingkat dimensi kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Sedangkan … pola tata letak … merujuk kepada … macam-macam bentuk tata letak yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain tetapi sama-sama dapat digolongkan sebagai pengaturan tata letak. Pengetahuan seperti ini disebut bentuk pengetahuan konseptual.
- Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar
Setelah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan kita temukan, selanjutnya diperiksa apakah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan tersebut SESUAI dipasangkan ? Atas dasar apakah kita menyatakan sesuai atau tidak sesuai ? Lihat pada gambar di bawah ini ….
Berdasarkan skema di atas …. Memahami atau level C2 sesuai jika dipasangkan dengan bentuk pengetahuan konseptual … jadi pada KD contoh di atas … Memahami pola tata letak … SUDAH SESUAI.
- Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisis KD 4)
Pada KD 4 contoh di atas berbunyi … Memilih pola tata letak … Memilih (pola tata letak) adalah keterampilan kongkrit. Karena keterampilan kongkrit selanjutnya periksa dalam taksonomi Simpson dan Dave dan lihat … levelnya adalah P2 (manipulasi). Disimpulkan, memilih adalah keterampilan kongkrit level P2 (manipulasi) . Rekan-rekan perlu melihat kata kerja operasional (KKO) pada taksonomi Simpson atau Dave ini untuk memastikan … memilih … itu pada level apa?
- Menentukan KESETARAAN taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan dan rekomendasi nya
Langkah analisis SKL KI KD selanjutnya adalah menentukan kesetaraan KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan. Seharusnya KD Pengetahuan TIDAK BOLEH lebih rendah dari KD Keterampilan. Mengapa demikian? Logikanya … untuk melakukan suatu keterampilan diperlukan pengetahuan-pengetahuan sebagai dasar dan pedoman kerja melakukan suatu keterampilan. Logis kan?
Sekarang, bagaimana kita memutuskan KD3 sudah SETARA dengan KD4 ?
Berdasarkan taksonomi Bloom olahan Anderson, taksonomi terklasifikasi menjadi 6 level dari C1 s.d. C6 dan jenjang SMA-SMK sekurang-kurangnya dimulai dari C2 (memahami). Taksonomi keterampilan memiliki 5 level mulai dari P1 s.d. P5 baik taksonomi Simpson maupun taksonomi Dave. Perhatikan ilustrasi berikut :
PENGETAHUAN | KETERAMPILAN KONGKRIT | KETERAMPILAN KONGKRIT | KETERAMPILAN ABSTRAK | ||
TAKSONOMI BLOOM OLAHAN ANDERSON | TAKSONOMI DAVE | TAKSONOMI SIMPSON | TAKSONOMI DYERS | ||
Mengkreasi | C6 | Naturalisasi | P5 | Menjadi tindakan orisinal | Mencipta |
Mengevaluasi | C5 | Artikulasi | P4 | Menjadi gerakan alami | Mengomunikasikan |
Menganalisis | C4 | Presisi | P3 | Mahir | Mengasosiasi |
Menerapkan | C3 | Manipulasi | P2 | Membiasakan gerakan | Mengumpulkan informasi |
Memahami | C2 | Imitasi | P1 | Persiapan, Kesiapan, Meniru | Menanya |
Mengingat | C1 | Mengamati |
KD 3 Memahami (C2) setara dengan level keterampilan Imitasi (meniru) P1 … sedangkan … KD 4 Memilih … pada level … manipulasi P2 … oleh karena itu KD 3 DIREKOMENDASIKAN dinaikkan satu tingkat pada tingkat Menerapkan (C3). Ditingkatkan pada Indikator Pencapaian Kompetensi IPK, jadi biarkan bunyi KD 3 nya tetap.
Dengan langkah analisis SKL KI KD seperti tampak di atas, kita dapatkan Kompetensi Dasar KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan dan KD Keterampilan cocok berpasangan. Seiring dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi atau C6 mengkreasi. Bentuk-bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural maupun meta kognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak. Pada tahap ini pula bisa kita bayangkan perolehan hasil belajar apakah pada Low Order Thinking Skills (LOTS) ataukah sudah berada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus memperhatikan hal-hal penting di atas.
Analisis Materi Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Langkah lanjutan Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah melakukan Analisis Materi Pembelajaran. Kegiatan Analisis Materi Pembelajaran adalah penjabaran Kompetensi Dasar lebih lanjut yaitu penyusunan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan tujuan pembelajaran dan penentuan materi pembelajaran.
Pada Analisis Materi Pembelajaran kali ini kita harus menggunakan sepasang KD yaitu KD Pengetahuan dan KD Keterampilan (bagi rekan guru PKn dan PABP ke empat unsur Kompetensi Dasar). Dalam konteks belajar Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 akan tidak menguntungkan jika saya gunakan pasangan KD kejuruan saya yaitu, Teknik Elektronika. Rekan-rekan dari mata pelajaran yang lain akan kurang maksimal menyerap inti posting saya yaitu cara menyusun Silabus dan RPP SMK.
OK, saya yakin, hampir semua kita memiliki kompetensi pengetahuan tentang sepeda roda 2 dan kompetensi keterampilan mengoperasikan sepeda roda 2. Agar pembaca yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dapat mengikuti dan menyerap pembelajaran pada posting Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 maka saya sengaja gunakan pasangan kompetensi dasar buatan saya yaitu KD 3.1 Memahami sepeda roda 2 dan KD 4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2. Setuju ya … yang penting cara Menyusun Silabus dan RPP SMK dapat sampai dengan optimal. Tujuan akhir saya adalah rekan-rekan khususnya yang belum mengikuti langsung workshop Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 dapat menguasai cara menyusun silabus dan RPP SMK Abad 21.
KI Program Pendidikan 3 Tahun | |||
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. | |||
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | |||
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | |||
Kompetensi Dasar | IPK | Tujuan Pembelajaran | Materi Pembelajaran |
3.1 Memahami sepeda roda 2 | menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 | Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun | Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2 |
menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2 | Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri
Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri | Sepeda Roda 2 | |
menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2 | Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri | Cara mengoperasikan sepeda roda 2 | |
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | |||
Kompetensi Dasar | IPK | Tujuan Pembelajaran | Materi Pembelajaran |
4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 | mengoperasikan sepeda roda 2 | Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri | Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2 |
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri | |||
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri | |||
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri |
Demikianlah format dan hasil Analisis Materi Pembelajaran untuk cara menyusun Silabus dan RPP SMK.
Analisis Penerapan Model Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Langkah berikutnya Menyusun Silabus dan RPP SMK adalah melakukan Analisis Penerapan Model Pembelajaran. Rekan-rekan dapat membaca dulu posting model pembelajaran SMK (baca model pembelajaran SMK). Berdasarkan sifat KD 3.1 memahami sepeda roda 2 dan KD 4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 dan bentuk pengetahuan faktual dan konseptual maka model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran penemuan (discovery).
No. | Kompetensi Dasar | Analisis KD | Model Pembelajaran |
---|---|---|---|
3.1 memahami sepeda roda 2 | KD-3.1 menitikberatkan pada pembentukan pengetahuan konseptual dan prosedural | Model Pembelajaran Discovery Learning | |
4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 | KD-4.1 Pernyataan pada taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi presisi. |
Matriks Perancah Pemaduan Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning dan Proses Berpikir Ilmiah (Saintifik) pada Mapel xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
- Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
- Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup kajian xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadika ngerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Silabus dan RPP | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tujuan Pembelajaran | Sintaksis model Discovery Learning | Proses Berpikir Ilmiah | ||||
3.1 memahami sepeda roda 2 | menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
·
menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2 | Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun
Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri | Pemberian stimulus terhadap siswa. | Guru meminta siswa untuk melihat berbagai jenis sepeda roda 2 melalui bahan tayangan.
Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru. Guru meminta siswa membaca buku untuk meng identifikasi berbagai bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis sepeda roda 2, bagian-bagian utama sepeda roda 2 dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 | ||||
2. Identifikasi Masalah | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||||||
4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 | Mengoperasikan sepeda roda 2 | • Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
• Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri • Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri • Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri | 3. Pengumpulan Data | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Guru meminta siswa memperhatikan demonstrasi cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Guru meminta siswa mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Siswa secara bergiliran mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | ||||
4. Pembuktian | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk membuat kesimpulan bersama tentang terkait · bagian-bagian utama sepeda roda 2, · fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Siswa bersama sama dalam kelompok menyimpulkan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||||||
5. Menarik kesimpulan/ generalisasi | Guru meminta siswa untuk menyajikan 1. bagian-bagian utama sepeda roda 2, 2. fungsi setiap bagian utama tersebut dan 3. cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Siswa membuat bahan presentasi tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, · fungsi setiap bagian utama tersebut dan · cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.dalam bentuk PPT. Siswa menyajikan tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan · cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi. Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru. Guru memberikan klarifikasi dan penguatan hasil diskusi siswa. Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan |
Analisis Penilaian Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 perlu dan harus dilengkapi dengan rencana penilaian pembelajaran yang akan digunakan. Berikut adalah format dan contoh Analisis Penilaian Pembelajaran yang hasilnya dapat digunakan untuk mengisi Format Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar | Indikator (IPK) | Materi | Indikator Soal | Bentuk Tes | Butir Soal |
3.1 memahami sepeda roda 2 | 1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2
| Bagian-bagian utama sepeda roda 2 | 1. Peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 3. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 4. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 5. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2
6. Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 7. Peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 8. Peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 9. Peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 | Tes tulis | 1. Jelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. Jelaskan fungsi stang sepeda roda 2
3. Jelaskan fungsi roda sepeda roda 2
4. Jelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2
5. Jelaskan fungsi sadel sepeda roda 2
6. Jelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2
7. Jelaskan cara mengayuh sepeda roda 2
8. Jelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2
9. Jelaskan cara memarkir sepeda roda 2 |
Kunci Jawaban Soal: 1. bagian utama sepeda roda 2 a. stang b. sadel c. roda depan dan belakang d. pedal dan gir 2. fungsi stang sepeda roda 2 untuk menentukan arah gerakan sepeda ke depan, ke kiri dank ke kanan 3. fungsi roda sepeda roda 2 untuk memindahkan posisi keseluruhan badan sepeda pada arah horisontal 4. fungsi sistem pedal dan gir sepeda roda 2 untuk memutar poros roda belakang menggunakan tenaga kaki pengendara 5. fungsi sadel sepeda roda 2 untuk tempat duduk pengendara 6. cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 : a. duduk mapan di atas sadel b. tangan kanan memegang pegangan stang kanan dan tangan kiri memegang pegangan stang kiri c. kedua kaki lurus menumpu di atas tanah masing-masing membentuk sudut 60-70 derajat dengan permukaan tanah 7. cara mengayuh sepeda roda 2 a. duduk mapan di atas sadel b. kedua tangan memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan c. kaki kiri menumpu di tanah, kaki kanan menumpu di atas pedal kanan pada posisi jam 11 d. kaki kanan menjejak pedal ke depan, ketika sepeda bergerak ke depan , kaki kiri diangkat dan naik di pedal kiri e. ketika pedal kiri posisi jam 12 menuju posisi jam 11, kaki kiri menjejak pedal kiri ke depan, demikian seterusnya 8. cara mengarahkan sepeda roda 2 a. kedua tangan lurus memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan b. untuk belok kiri, pedal tidak digenjot, tangan kiri sedikit ditarik ke belakang, tangan kanan sedikit ke depan c. untuk belok kanan, pedal tidak digenjot, tangan kanan sedikit ditarik ke belakang, tangan kiri sedikit ke depan 9. cara memarkir sepeda roda 2 a. kedua tangan memegang pegangan stang, kedua kaki menumpu di tanah b. pindahkan tangan kanan memegang sadel, c. turunkan standar miring sepeda menggunakan kaki kanan d. miringkan badang sepeda kekiri sampai standar menumpu di atas tanah dengan sempurna | |||||
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban | |||||
Contoh Pengolahan Nilai | |||||
IPK | No Soal | Skor Penilaian 1 | Nilai | ||
1. | 1 | 1 | Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(…./14) * 100 = ….. | ||
2. | 2 | 1 | |||
3 | 1 | ||||
4 | 1 | ||||
5 | 1 | ||||
3. | 6 | 2 | |||
7 | 2 | ||||
8 | 2 | ||||
9 | 2 | ||||
Jumlah | 14 |
Penilaian Keterampilan
Sampai dengan langkah ini, analisis-analisis untuk menyusun Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 telah mencukupi. Langkah menyusun Silabus dan RPP SMK selanjutnya adalah memasukkan elemen-elemen silabus dan RPP SMK K2013 ke dalam format-format sesuai panduan.
Menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Hasil Analisis
Langkah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 telah mencapai ujung akhirnya. Langkah penutup selanjutnya adalah memasukkan komponen-komponen silabus ke dalam format silabus. Berikut adalah contoh silabus SMK hasil analisis / susunan kita yang menggunakan Format Silabus SMK sesuai Modul Pedoman Pengembangan KTSP Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Perhatikan setiap elemen. Tampak bahwa masing-masing elemen isiannya bisa kita dapatkan dari hasil analisis di atas.
Bagaimana pendapat rekan-rekan? Apakah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 masih asing dan terasa sulit? Tidak juga kan?
Nama Sekolah | SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN |
---|---|
Kelas/Semester | X / 1 |
Kompetensi Keahlian | Nama Kommpetensi Keahlian |
Mata Pelajaran | Nama Mata Pelajaran |
Durasi Pembelajaran | 12 jp |
Deskripsi KI | |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | |
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pembalajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|
3.1 memahami sepeda roda 2
4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 | 1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2
4. mengoperasikan sepeda roda 2 | Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2
Fungsi setiap bagian utama Sepeda Roda 2
Cara pengoperasian Sepeda Roda 2
Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2 | Mengamati:
Menanya:
Mengumpulkan informasi / mencoba / eksperimen:
Mengasosiasi / menalar :
Mengomunikasikan:
| Tes Tertulis
Tes Kinerja
| 12 jp | Buku Teks Sepeda Roda 2 Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2 http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda
|
Agar silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kita susun akurat dan tepat maka sangat dianjurkan agar praktek penyusunan silabus mengikuti langkah-langkah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seperti dicontohkan di atas.
Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Hasil Analisis
Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 sesungguhnya telah banyak diuraikan oleh rekan pendidik maupun para ahli lainnya. Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 juga memerlukan hasil analisis yang sama dengan menyusun silabus.
Berikut adalah contoh RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) hasil susunan kita yang menggunakan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP sesuai Modul Panduan Pengembangan RPP dalam Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Akhirnya rekan-rekan bisa Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang teliti, lengkap dan akurat sesuai dengan harapan dan panduan. Dengan begitu, misi pembelajaran Pendidikan Abad 21 bagi siswa bisa kita penuhi. Perhatikan setiap elemen, masing-masing elemen kita dapatkan dari hasil analisis di atas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
- Nama Sekolah : SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
- Mata Pelajaran : XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
- Komp. Keahlian : XXXXXXXXXXXXXXXX
- Kelas/Semester : X / 1
- Tahun Pelajaran : 2017/2018
- Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI.4 Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1 Memahami sepeda roda 2 (C2)
4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 (P2)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
3.1.2 menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
3.1.2 menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2
4.1.1 mengoperasikan sepeda roda 2
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri
- Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
- Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
- Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri
- Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri
E. Materi Pembelajaran
- Bagian utama sepeda roda 2
- Fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
- Cara pengoperasian sepeda roda 2
- Praktek/latihan mengoperasikan sepeda roda 2
F. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode : Ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Eksperimen/latihan , Tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | AKTIFITAS GURU DAN SISWA | DURASI | ||
KEGIATAN PENDAHULUAN | Pengkondisian | 1 | Guru mengucapkan salam dan mengontrol kebersihan lingkungan tempat belajar dan kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran | 40 menit |
2 | Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kesiapan mereka. | |||
3 | Guru meminta ketua kelas memimpin berdo’a, dilanjutkan pemeriksaan kehadiran | |||
4 | Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan | |||
5 | Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari. | |||
6 | Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan dan atau menyampaikan tujuan pembelajaran | |||
7 | Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. | |||
8 | Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. | |||
KEGIATAN INTI | Mengamati | 9 | Guru meminta siswa untuk mengamati berbagai jenis sepeda roda 2 melalui bahan tayangan. | 45 menit |
10 | Siswa mengamati bahan tayang yang disajikan guru. | |||
11 | Guru meminta siswa membaca buku teks untuk mengidentifikasi berbagai bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama | |||
12 | Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis sepeda roda 2, bagian-bagian utama sepeda roda 2 dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 | |||
KEGIATAN INTI | Menanya | 13 | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | 60 menit |
14 | Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
15 | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
16 | Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 | |||
KEGIATAN INTI | Mengumpulkan informasi | 17 | Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | 180 menit |
18 | Guru meminta siswa memperhatikan demonstrasi cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
19 | Guru meminta siswa mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
20 | 4. Siswa secara bergiliran mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
KEGIATAN INTI | Mengasosiasi | 21 | Guru meminta siswa dalam kelompok untuk membuat kesimpulan bersama tentang terkait bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | 65 menit |
22 | Siswa bersama sama dalam kelompok menyimpulkan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2 | |||
KEGIATAN INTI | Mengomu-nikasikan | 23 | Guru meminta siswa untuk menyajikan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | 100 menit |
24 | Siswa membuat bahan presentasi tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.dalam bentuk PPT. | |||
25 | Siswa menyajikan tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 termasuk cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2. | |||
26 | Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi. | |||
27 | Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru. | |||
28 | Guru memberikan klarifikasi dan penguatan hasil diskusi siswa. | |||
29 | Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan | |||
KEGIATAN PENUTUP | Evaluasi dan Refleksi | 30 | Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan | 50 menit |
31 | Guru meminta siswa mengerjakan soal evaluasi pembelajaran. | |||
32 | Siswa mengerjakan / menyelesaikan evaluasi pembelajaran | |||
33 | Guru menyampaikan rencana kegiatan selanjutnya | |||
34 | Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran | |||
35 | Guru dan siswa bersama-sama mengakhiri pembelajaran dengan menutup salam. | |||
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
- Media : file presentasi, unit sepeda roda 2 konvensional, internet, blog komunitas kelas
- Alat : LCD Proyektor, laptop/PC, unit sepeda roda 2 konvensional
- Bahan : –
- Sumber Belajar :
- Buku Teks “Pengoperasian & Perbaikan Sepeda Roda 2”
- Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2
- https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda
- http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html
- Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo
I. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
- Instrumen dan Teknik Penilaian
Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar | Indikator (IPK) | Materi | Indikator Soal | Bentuk Tes | Butir Soal |
3.1 memahami sepeda roda 2 | 1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2
| Bagian-bagian utama sepeda roda 2 | 1. Peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 3. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 4. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 5. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2
6. Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 7. Peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 8. Peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 9. Peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 | Tes tulis | 1. Jelaskan bagian utama sepeda roda 2
2. Jelaskan fungsi stang sepeda roda 2
3. Jelaskan fungsi roda sepeda roda 2
4. Jelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2
5. Jelaskan fungsi sadel sepeda roda 2
6. Jelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2
7. Jelaskan cara mengayuh sepeda roda 2
8. Jelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2
9. Jelaskan cara memarkir sepeda roda 2 |
Kunci Jawaban Soal: 1. bagian utama sepeda roda 2 a. stang b. sadel c. roda depan dan belakang d. pedal dan gir 2. fungsi stang sepeda roda 2 untuk menentukan arah gerakan sepeda ke depan, ke kiri dank ke kanan 3. fungsi roda sepeda roda 2 untuk memindahkan posisi keseluruhan badan sepeda pada arah horisontal 4. fungsi sistem pedal dan gir sepeda roda 2 untuk memutar poros roda belakang menggunakan tenaga kaki pengendara 5. fungsi sadel sepeda roda 2 untuk tempat duduk pengendara 6. cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 : a. duduk mapan di atas sadel b. tangan kanan memegang pegangan stang kanan dan tangan kiri memegang pegangan stang kiri c. kedua kaki lurus menumpu di atas tanah masing-masing membentuk sudut 60-70 derajat dengan permukaan tanah 7. cara mengayuh sepeda roda 2 a. duduk mapan di atas sadel b. kedua tangan memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan c. kaki kiri menumpu di tanah, kaki kanan menumpu di atas pedal kanan pada posisi jam 11 d. kaki kanan menjejak pedal ke depan, ketika sepeda bergerak ke depan , kaki kiri diangkat dan naik di pedal kiri e. ketika pedal kiri posisi jam 12 menuju posisi jam 11, kaki kiri menjejak pedal kiri ke depan, demikian seterusnya 8. cara mengarahkan sepeda roda 2 a. kedua tangan lurus memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan b. untuk belok kiri, pedal tidak digenjot, tangan kiri sedikit ditarik ke belakang, tangan kanan sedikit ke depan c. untuk belok kanan, pedal tidak digenjot, tangan kanan sedikit ditarik ke belakang, tangan kiri sedikit ke depan 9. cara memarkir sepeda roda 2 a. kedua tangan memegang pegangan stang, kedua kaki menumpu di tanah b. pindahkan tangan kanan memegang sadel, c. turunkan standar miring sepeda menggunakan kaki kanan d. miringkan badang sepeda kekiri sampai standar menumpu di atas tanah dengan sempurna | |||||
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban | |||||
Contoh Pengolahan Nilai | |||||
IPK | No Soal | Skor Penilaian 1 | Nilai | ||
1. | 1 | 1 | Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(…./14) * 100 = ….. | ||
2. | 2 | 1 | |||
3 | 1 | ||||
4 | 1 | ||||
5 | 1 | ||||
3. | 6 | 2 | |||
7 | 2 | ||||
8 | 2 | ||||
9 | 2 | ||||
Jumlah | 14 |
Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar | Indikator (IPK) | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | Butir Soal |
4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 | Mengoperasikan sepeda roda 2 | Praktek / Berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 | Peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang | Penilaian Kinerja |
|
Peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang | Penilaian Kinerja |
| |||
Peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 | Penilaian Kinerja |
| |||
Peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 | Penilaian Kinerja |
|
Rubrik Penilaian Keterampilan
IPK | Kategori | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Mengoperasikan sepeda roda 2
| Duduk seimbang di atas sadel, belum bisa memarkir, belum bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan | Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, belum bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan | Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan | Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, bisa mengayuh, bisa mengarahkan |
2. Analisis Hasil Penilaian (lihat di atas)
- Hasil penilaian diolah dan disimpulkan peserta didik yang sudah memenuhi KKM dan yang belum memenuhi KKM
- Bagi peserta didik yang sudah memenuhi KKM dapat menambah pengerjaan tugas pengayaan.
- Bagi peserta didik yang belum memenuhi KKM agar mempelajari kembali tugas-tugas yang sudah diberikan, dan bila sudah siap dapat meminta untuk mengerjakan kembali soal evaluasi.
Banjarmasin, 1 Juli 2017
Mengetahui, Guru Pengajar,
Kepala SMK Banjarmasin
( ………………………………… ) ( ENDARTA )
Demikianlah diskusi Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 . Semoga diskusi ini dapat menginspirasi kita semua dan silabus dan RPP rekan-rekan dapat ditingkatkan. Mari sharingkan silabus dan RPP SMK rekan-rekan dipersilahkan …
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan