Format RPP ialah bentuk umum RPP. Format RPP di sini merujuk pada Format RPP K 2013 Rev. 2017 bersumber dari modul Bimtek Kurikulum 2013 SMK. Untuk menambah pemahaman rekan-rekan, pada uraian di bawah ditambahkan rambu-rambu pengisian format RPP.
FORMAT RPP REV. 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : ……………………………………….
Mata Pelajaran : ……………………………………….
Komp. Keahlian : ……………………………………….
Kelas/Semester : ……………………………………….
Tahun Pelajaran : ……………………………………….
Alokasi Waktu : ……………………………………….
A. Kompetensi Inti
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI pengetahuan
2. KD pada KI keterampilan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI pengetahuan
2. Indikator KD pada KI keterampilan
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F. Model dan Metode
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:*)
Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
Kegiatan Inti (… menit)
Penutup (… menit)
2. Pertemuan Kedua:*)
Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
Kegiatan Inti (… menit)
Penutup (… menit) dan pertemuan seterusnya.
H. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
2. Alat
3. Bahan
4. Sumber Belajar
I. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
2. Instrumen
a. Pertemuan pertama
b. Pertemuan kedua
c. Pertemuan ketiga dan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Mengetahui, ……………, ……….
Kepala …………… Guru Mata Pelajaran,
…………………. ……………………
NIP. …………….. NIP. ……………….
Penjelasan Isi Format RPP
Format RPP yang dicontohkan di atas seharusnya diisi dengan konten yang sesuai. Berikut rambu-rambu mengisi Format RPP Kurikulum 2013 SMK Rev. 2017.
No | Komponen | Keterangan |
---|---|---|
1. | a. Identitas Sekolah b. Kompetensi Keahlian c. Mata Pelajaran d. Kelas /Semester e. Tahun Pelajaran | a. Diisi nama satuan pendidikan. b. Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat mata pelajaran tersebut diajarkan c. Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum. d. Diisi kelas dan semester; ganjil/genap. e. Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung |
2. | Alokasi waktu | Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester. |
3. | Kompetensi Inti | Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan. |
4. | Kompetensi Dasar | a. KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK. b. Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan. |
5. | Indikator Pencapaian Kompetensi | Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD Contoh IPK KD Pengetahuan 3.2 Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut: 3.2.1 Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online; 3.2.2 Menjelaskan pengertian komunikasi daring online; 3.3.3 Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online; 3.3.4 Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan Contoh IPK KD Keterampilan 4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.. Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi. Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah: 4.2.1 Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh. 4.2.2 Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas |
6. | Tujuan Pembelajaran | Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran. Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu: 1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun. 2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun. 3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun. 4. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri. 5. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri. 6. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri. 7. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri. |
7. | Materi Pembelajaran | Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah: 1. Pengertian komunikasi daring online 2. Simbol pada digital daring online 3. Jenis komunikasi daring online 4. Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online 5. Cara melakukan komunikasi daring online Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler. |
8. | Model dan Metode Pembelajaran | Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ). |
9. | Kegiatan Pembelajaran | a. Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan. b. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas: 1) Kegiatan Pendahuluan Pada kegiatan pendahuluan guru: · Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan. · Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari. · Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan. · Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. · Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. 2) Kegiatan Inti · Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3). · Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas. Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah. 3) Kegiatan Penutup Kegiatan penutup meliputi antara lain: · membuat rangkuman/simpulan pelajaran. · refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. · merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
10. | Media, Alat, dan Sumber Belajar | Diisi dengan: a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP. b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD. c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi. Contoh: Lihat tabel tambahan Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar di bawah: |
11. | a. Penilaian (KD 3 dan KD 4) | b. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya). Contoh: Lihat tabel analisis teknik penilaian di bawah |
12. | b. Peniaian Sikap | Dibuatkan jurnal harian tentang kejadian istimewa yang dilalukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Contoh: Jurnal Penilaian Sikap: Hari/Tanggal: |
13. | ||
14. |
KD | Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar |
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring KD 4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.. | Media: LCD Projector Alat/bahan: Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain |
KD | Teknik Penilaian | Instrumen |
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring | 1. Tes Tertulis 2. Penugasan | 1. Soal tes tertulis 2. Lembar tugas dan Lembar penilaian tugas |
KD 4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online. | 1. Tes praktik/ unjuk kerja | 1. Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja |
Bacaan Pendukung Format RPP
Format RPP memang penting bagi segenap pendidik. Begitupun dengan rambu-rambu pengisian format RPP sudah diuraikan di atas. Namun demikian, untuk lebih melengkapi penjelasan sebelum mengisi format RPP di atas rekan-rekan dapat membaca posting saya yang lain, seperti :
- Struktur Kurikulum SMK 2017
- Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI-KD SMK 2017
- Analisis SKL KI KD
- Analisis Materi Pembelajaran
- Analisis Penerapan Model Pembelajaran
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Tujuan Pembelajaran
- Model Pembelajaran di SMK
- Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan
- Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasarkan KI KD SMK 2017
- dan beberapa artikel terkait lainnya
Download Format RPP
Format RPP tentunya diperlukan rekan-rekan pendidik. Berikut saya sediakan Format RPP doc dan pdf yang dapat rekan-rekan download. Semoga membantu. Silahkah download Format RPP doc atau Format RPP pdf di link ini :
Sumber:
Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Modul Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 Tahun 2017 DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2017