Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif adalah komponen dimensi pengetahuan. Mengenali pengetahuan faktual, konseptual, prosedural / operasional dasar dan metakognitif memandu guru menemukan materi pembelajaran. Mari kita diskusikan pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif …
Pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif ada di dalam setiap mata pelajaran di SD, SMP, SMA maupun SMK dan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Karena itu rekan-rekan pendidik pada mata pelajaran apapun perlu dan harus mampu mengenali dimensi pengetahuan yang tersirat dan tersurat di dalam kompetensi – kompetensi dasar. Pada berbagai kesempatan workshop, in house training maupun bimbingan teknis kami masih menemukan banyak rekan yang belum memahami dimensi pengetahuan pada mata pelajaran yang di ampunya.
Manfaat Mengenali Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif
Mengenali dengan baik dimensi pengetahuan mencakup pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif merupakan perwujudan profesional guru. Setiap kita yang telah diberi amanat sebagai guru sudah sewajarnya dan menjadi keharusan memiliki kemampuan mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan dalam setiap KD pada mata pelajaran kita. Justru ketika kita tidak mampu mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan ini di setiap KD pada mata pelajaran kita menjadi wajar jika masyarakat mempertanyakan profesionalitas kita sebagai pendidik.
Manfaat utama mengenali dengan baik Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif ialah memudahkan kita mendeskripsikan materi pembelajaran sesuai kompetensi dasar / KD yang dipelajari. Linier dengan hal tersebut, kemampuan guru mendiskripsikan dimensi pengetahuan juga mendukung dan memudahkan guru membuat indikator pencapaian kompetensi, membuat tujuan pembelajaran. Mari kita kenali lebih dekat tentang dimensi pengetahuan pada KD kita masing-masing.
Pengetahuan Faktual
Pengetahuan faktual ialah pengetahuan tentang fakta-fakta yang detail, spesifik dan elementer. Harap rekan-rekan baca dan diresapi … fakta-fakta yang detail … spesifik … elementer. Semua hal yang bisa ditangkap dengan panca indera adalah fakta-fakta namun biasanya kita tidak menyebutkannya secara detail, spesifik dan elementer. Seringkali kita menyebutkannya secara singkat saja dengan berprinsip asal yang diajak bicara sudah faham maksudnya.
Pengetahuan Faktual Menurut Ahli Taksonomi
Anderson & Krathwohl (2001) mendefinisikan pengetahuan faktual adalah pengetahuan tentang elemen-elemen “bit informasi” yang terpisah dan terisolasi. Jenis-jenis pengetahuan faktual mencakup (1) pengetahuan tentang terminologi (istilah) dan (2) pengetahuan tentang detail dan elemen tertentu.
Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah
Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah ada pada semua bidang atau disiplin ilmu. Sebagai contoh, penulis memiliki latar belakang keilmuan Teknik Elektronika. Pada bidang ilmu elektronika banyak sekali terminologi / istilah / peristilahan yang dikenal dan digunakan untuk mengomunikasikan, memahami hal-hal pada bidang tersebut. Pengetahuan faktual bidang elektronika antara lain resistor nilai tertentu, capasitor nilai tertentu, transistor tipe tertentu, induktor nilai tertentu dll. Masing-masing memiliki deskripsi sendiri. Resistor ialah alat/komponen untuk menimbulkan resistans (tahanan listrik). Nah, ini contoh pengetahuan faktual pada bidang ilmu elektronika.
Pengetahuan Faktual berupa Elemen Tertentu dan Detail
Pengetahuan faktual detail dan elemen spesifik mengacu pada pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber informasi, dan sejenisnya. Baik, untuk contoh saya akan ulangi contoh resistor yang saya sebut di atas. Resistor (alat/komponen untuk menimbulkan resistans atau tahanan listrik) mempunyai gelang warna coklat, hitam, merah, emas. Gelang warna tersebut merupakan sumber informasi yang artinya memiliki nilai resistans 1000 ohm toleransi 5%. Ini juga contoh pengetahuan faktual.
Benda-benda dalam gambar di atas beserta deskripsinya itulah manifestasi dari pengetahuan faktual dalam contoh ini.
Contoh pengetahuan faktual
Pengetahuan faktual bisa berupa kejadian atau peristiwa yang dapat dilihat, didengar, dibaca, atau diraba. Bagaimana atau seperti apa contohnya pengetahuan faktual itu?
Coba rekan-rekan menoleh ke kanan. Apa saja yang terlihat? Coba ceritakan yang tampak oleh anda dengan rinci, detail. Itulah salah satu contoh pengetahuan faktual … detail, spesifik dan elementer.
Pengetahuan faktual juga saya ilustrasikan pada gambar di atas. Periksalah dengan teliti gambar spidol pada no 1 dan 2 di atas, deskripsikan dengan detil dan spesifik. Bandingkan dengan deskripsi yang saya buat !
Contoh pengetahuan faktual lainnya, cobalah rekan-rekan menyalakan sepeda motor. Setelah mesin sepeda motor menyala, dengarkan suaranya dengan cermat. Bagaimana suara mesin sepeda motor tersebut?
Pengetahuan Konseptual
Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.
Berdasarkan gambar di atas, dapatkah rekan-rekan menemukan Pengetahuan Faktual, pengetahuan Konseptual, pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar dan pengetahuan Metakognitif?
Pengetahuan Konseptual Menurut Ahli
Pengetahuan konseptual mencakup pengetahuan tentang kategori dan klasifikasi dan hubungan antara dan di antara mereka – bentuk pengetahuan yang lebih kompleks dan terorganisir (Anderson & Krathwohl, 2001)
Pengetahuan konseptual mencakup tiga jenis:
- (1) pengetahuan konseptual jenis klasifikasi dan kategori, pada contoh foto yang ditayangkan di atas, kita bisa menyebut sesuai kategorinya yaitu alat tulis tangan.
- (2) pengetahuan konseptual jenis prinsip dan generalisasi dan
- (3) pengetahuan konseptual jenis teori, model, dan struktur.
Contoh Pengetahuan Konseptual
Contohnya fungsi kunci kontak pada mesin mobil, prinsip kerja starter, prinsip kerja lampu, prinsip kerja rem. Contoh lain: pengertian arsip dan dokumen, fungsi arsip dan dokumen.
Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar
Pengetahuan prosedural adalah “pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu” mencakup pengetahuan tentang keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan tentang kriteria yang digunakan untuk menentukan dan / atau membenarkan “kapan harus melakukan apa” dalam domain dan disiplin ilmu tertentu.
(Anderson – Krathwohl, 2001)
Pengetahuan prosedural merupakan pengetahuan bagaimana melakukan sesuatu termasuk pengetahuan keterampilan, algoritma (urutan langkah- langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis), teknik, dan metoda seperti langkah-langkah membongkar mesin, langkah- langkah mengganti lampu, langkah-langkah mengganti sepatu rem.
Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu & Algoritma
Contoh Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu
- Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan dalam merakit amplifier
- Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan untuk menentukan arti kata berdasarkan analisis struktur kalimat
- Pengetahuan tentang keterampilan yang terkait membuat papan rangkaian tercetak
Contoh Pengetahuan Prosedural Algoritma
- Pengetahuan tentang berbagai algoritma untuk memecahkan persamaan kuadrat
Pengetahuan Prosedural Teknik & Metoda
Contoh Pengetahuan Prosedural Teknik
- Pengetahuan tentang teknik menemukan kerusakan pesawat TV
- Pengetahuan tentang teknik pengujian komponen dioda
Contoh Pengetahuan Prosedural Metoda
- Pengetahuan tentang metode penelitian tindakan kelas
- Pengetahuan tentang metode pengaturan tata letak halaman pengetikan
- Pengetahuan tentang berbagai metode kritik sastra
Pengetahuan Prosedural Kriteria
Selain pengetahuan tentang cara dan metode, seringkali kita juga harus memiliki pengetahuan tentang kriteria dan menentukan kapan menggunakan cara atau metode yang tepat seperti diuraikan di atas.
Contoh Pengetahuan Prosedural Kriteria
- Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan kapan sebuah tabung gambar televisi harus diganti baru
- Pengetahuan tentang kriteria menentukan metode mana yang digunakan dalam memecahkan persamaan aljabar
- Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan prosedur statistik mana yang akan digunakan dengan data yang dikumpulkan dalam eksperimen tertentu
- Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan teknik mana yang akan diterapkan untuk menciptakan efek yang diinginkan dalam lukisan cat air tertentu
Contoh Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar
Contoh lain: Langkah-langkah menyusun arsip sistem alphabet dan geografik.
Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan prosedural / operasional dasar nya?
Pengetahuan Metakognitif
Pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan tentang kognisi (mengetahui dan memahami) yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman meliputi kesadaran dan pengendalian berpikir, serta penetapan keputusan tentang sesuatu.
Flavell mendefinisikan metakognisi / metakognitif sebagai pengetahuan tentang kognisi dan kontrol kognisi. Sebagai contoh, seseorang terlibat dalam metakognisi (sifatnya pengetahuan metakognitif ) jika ia menyadari bahwa ia mengalami lebih banyak kesulitan dalam mempelajari A daripada B, atau jika itu menyerangnya ia harus mengecek ulang C sebelum menerimanya sebagai fakta. J. H. Flavell (1976, hal. 232) (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).
Metakognisi juga melibatkan pemikiran tentang proses berpikir sendiri seperti keterampilan belajar, kemampuan ingatan, dan kemampuan untuk memantau pembelajaran. Konsep ini perlu secara eksplisit diajarkan bersama dengan instruksi konten. Pengetahuan metakognitif adalah tentang proses kognitif seseorang dan pemahaman tentang bagaimana mengatur proses-proses tersebut untuk memaksimalkan
pembelajaran. (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).
Contoh Pengetahuan Metakognitif
Sebagai contoh memperbaiki mesin yang rusak, membuat instalasi kelistrikan lampu, mengapa terjadi rem blong. Contoh lain: Apa yang terjadi jika penyimpanan arsip tidak tepat?
Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan metakognitif nya?
Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif dalam Kompetensi Dasar KD
Contoh pada KD Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1 Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
Pengetahuan Faktual Olahraga permainan bola besar (volly)
- bola volly merk Molten warna putih garis biru no registrasi 123454321
- net / jaring olah raga volly merk AAA, warna biru dongker, tali nilon
- lapangan volly SMK Putra Utama Banjarmasin
Pengetahuan Konseptual Olahraga permainan bola besar (volly)
- macam-macam teknik servis
- peraturan permainan volly
- macam-macam teknik smash
Pengetahuan Prosedural Olahraga permainan bola besar (volly)
- cara melakukan servis bola bawah
- cara melakukan servis bola atas
- cara melakukan pukulan quick smash
- cara menerima pukulan servis
Pengetahuan Metakognitif Olahraga permainan bola besar (volly)
- melakukan permainan menyerang sesuai situasi permainan
- melakukan permainan bertahan dari serangan lawan sesuai situasi permainan
Nah … ini sekedar contoh yang masih perlu didiskusikan bersama rekan-rekan ahlinya … bagi admin … contoh itu hanya kenangan permainan masa muda … mungkin banyak yang tidak pas … karena itu sambil dinanti pembahasan rekan-rekan ahli olahraga …
Demikianlah diskusi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif sebagai bagian atau komponen dimensi pengetahuan … bagaimana sharing rekan-rekan?
Baca juga …


Tinggalkan Balasan Batalkan balasan