Analisis SKL KI KD itu apa sih? Mengapa perlu Analisis SKL KI KD ? Bagaimana cara melakukan Analisis SKL KI KD pada K2013 SMK Revisi 2017 ? Pertanyaan-pertanyaan terkait Analisis SKL KI KD itu mungkin menggelayuti banyak pendidik yang telah mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Analisis SKL KI KD persiapan dasar Analisis Materi & Penerapan Model dan Penilaian Pembelajaran
Analisis SKL KI KD
analisis skl ki kd
analisis skl ki kd

Analisis SKL KI KD seperti ditunjukkan pada ilustrasi pertama (tabel 1) dan ilustrasi kedua (tabel 2) boleh jadi menimbulkan pertanyaan kita.

  1. Mengapa ada 2 bagian Analisis SKL KI KD ?
  2. Pada gambar 1, Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan?
  3. Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan pada ilustrasi yang ke 2 ?
  4. Mengapa pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 beberapa kata dituliskan dengan warna? Apa maksudnya?
  5. Pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 terdapat kode-kode C2, P1, P2 apa maksudnya?
  6. Apa yang dimaksud dimensi kognitif ?
  7. Apa yang dimaksud bentuk dimensi pengetahuan konseptual ?
  8. Mengapa memahami dinyatakan SESUAI dengan pengetahuan konseptual?
  9. Apa dasar kita menyetarakan C2 dengan P1?
  10. Apa yang harus dilakukan jika terjadi KESETARAAN atau KETIDAKSETARAAN ?
  11. Semua inikah yang dimaksud Analisis SKL KI KD ?

DAFTAR ISI

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sudah terjawab tetapi tidak tertutup kemungkinan masih banyak yang belum terjawab. Pada kesempatan ini saya coba tuangkan bahan diskusi Analisis SKL KI KD ini.

Tujuan Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD sebagai titik awal perencanaan pembelajaran tentu memiliki maksud dan tujuan. Analisis SKL KI KD menjadi titik awal penguatan pendidikan karakter. Kita perlu memahami kerangka berpikir terkait analisis skl ki kd ini agar pembelajaran yang kita sajikan berjalan sesuai skema besar pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013. Ok, mari berangkat dari cita-cita dan impian penerapan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diterapkan BUKAN SEKEDAR UPDATE PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN SAJA. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi baik sikap spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan agar nantinya unggul dalam persaingan global abad 21 ini. Keunggulan ini ditunjang dengan pengembangan keterampilan abad 21 seperti critical thinking, creative thinking, collaborating dan communicating (4 C). Keunggulan-keunggulan ini sudah dicanangkan dan dirumuskan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pada ranah operasional, pembentukan kompetensi lulusan dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks ini, materi pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju tercapainya Standar Kompetensi Lulusan yang dicita-citakan. Materi pembelajaran yang TIDAK LINIER dengan Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan JELAS menjadi PENYEBAB tidak tercapainya kompetensi yang diinginkan. Demikian juga dengan proses pembelajaran. Terbentuknya kompetensi lulusan pada siswa tergantung juga dengan proses pembentukan kompetensi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan optimal jika guru memahami Kompetensi Dasar (KD), dan MENERAPKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK nya agar kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kalimat-kalimat dapat diwujudkan pada diri siswa atau peserta didik.

Analisis SKL KI KD inilah wujud langkah guru meluruskan dan melinierkan perencanaan proses pembelajaran untuk pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan.

Pengertian Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD wajib dipahami oleh setiap pendidik. Analisis SKL KI KD ialah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL KI KD atas berbagai bagiannya, menelaah bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh berbagai informasi pedagogis yang berguna untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar.

Analisis SKL KI KD menjabarkan komponen SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) baik KD Pengetahuan maupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Analisis SKL KI KD juga menjabarkan hubungan dan keterkaitan antar komponen yang di analisis tersebut.

Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP SMK yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan SMK maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP SMK terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.

Memahami Contoh Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD pada setiap mata pelajaran dilakukan mengikuti contoh dalam Bimtek Implementasi K2013. Pada posting ini contoh analisis skl ki kd admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2017.

Cobalah rekan-rekan pembaca amati tabel berikut ini.

Contoh Analisis KI
Contoh Analisis KD
Cara Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD dikerjakan secara berturut-turut seperti diuraikan di bawah.

  • Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisis KD 3)

Pada KD contoh di atas berbunyi … Memahami pola tata letakMemahami merupakan tingkat kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa yang menunjukkan tingkat dimensi kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Sedangkan … pola tata letak … merujuk kepada … macam-macam bentuk tata letak yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain tetapi sama-sama dapat digolongkan sebagai pengaturan tata letak. Pengetahuan seperti ini disebut bentuk pengetahuan konseptual.

  • Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar

Setelah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan kita temukan, selanjutnya diperiksa apakah  tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan tersebut SESUAI dipasangkan ? Atas dasar apakah kita menyatakan sesuai atau tidak sesuai ? Lihat pada gambar di bawah ini ….

analisis skl ki kd
analisis skl ki kd

Berdasarkan skema di atas …. Memahami atau level C2 sesuai jika dipasangkan dengan bentuk pengetahuan konseptual … jadi pada KD contoh di atas … Memahami pola tata letak … SUDAH SESUAI.

  • Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisis KD 4)

Pada KD 4 contoh di atas berbunyi … Memilih pola tata letakMemilih (pola tata letak) adalah keterampilan kongkrit. Karena keterampilan kongkrit selanjutnya periksa dalam taksonomi Simpson dan Dave dan lihat … levelnya adalah P2 (manipulasi).  Disimpulkan, memilih adalah keterampilan kongkrit level P2 (manipulasi) . Rekan-rekan perlu melihat kata kerja operasional (KKO) pada taksonomi Simpson atau Dave ini untuk memastikan … memilih … itu pada level apa?

  • Menentukan KESETARAAN taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan  dan rekomendasi nya

Langkah Analisis SKL KI KD selanjutnya adalah menentukan kesetaraan KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan. Seharusnya KD Pengetahuan TIDAK BOLEH lebih rendah dari KD Keterampilan. Mengapa demikian? Logikanya … untuk melakukan suatu keterampilan diperlukan pengetahuan-pengetahuan sebagai dasar dan pedoman kerja melakukan suatu keterampilan. Logis kan?

Sekarang, bagaimana kita memutuskan KD3 sudah SETARA dengan KD4 ?

Berdasarkan taksonomi Bloom olahan Anderson, taksonomi terklasifikasi menjadi 6 level dari C1 s.d. C6 dan jenjang SMA-SMK sekurang-kurangnya dimulai dari C2 (memahami). Taksonomi keterampilan memiliki 5 level mulai dari P1 s.d. P5 baik taksonomi Simpson maupun taksonomi Dave. Perhatikan ilustrasi berikut :

PENGETAHUAN
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN ABSTRAK
TAKSONOMI BLOOM OLAHAN ANDERSON
TAKSONOMI DAVE
TAKSONOMI SIMPSON
TAKSONOMI DYERS
Mengkreasi C6 Naturalisasi P5
Menjadi tindakan orisinal P5 Mencipta KA-6
Mengevaluasi C5 Artikulasi P4
Menjadi gerakan alami P4 Mengomuni-
kasikan KA-5
Menganalisis C4 Presisi P3
Mahir P3 Mengasosiasi
Menerapkan C3 Manipulasi P2
Membiasakan gerakan P2 Mengumpulkan informasi KA-3
Memahami C2 Imitasi P1
Persiapan, Kesiapan, Meniru P1 Menanya KA-2
Mengingat C1
  Mengamati KA-1

KD 3 Memahami (C2) setara dengan level keterampilan Imitasi (meniru) P1 … sedangkan … KD 4 Memilih … pada level … manipulasi P2 … oleh karena itu KD 3 DIREKOMENDASIKAN dinaikkan satu tingkat pada tingkat Menerapkan (C3). Ditingkatkan pada Indikator Pencapaian Kompetensi IPK, jadi biarkan bunyi KD 3 nya tetap.

Hasil Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD seperti tampak di atas, memberikan kita informasi penting terkait Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Hasil analisis SKL KI KD penting ini antara lain:

  1. Kompetensi Dasar KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan dan KD Keterampilan cocok berpasangan. Ini berarti kita sudah mantap pada titik tolak yang benar untuk menjabarkan pasangan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi.
  2. Seiring dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif apakah berada pada C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi atau C6 mengkreasi. Hal ini memastikan kita mencari dan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang tepat untuk digunakan dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.
  3. Analisis SKL KI KD menemukan bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural ataupun meta kognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak dan dengan itu memudahkan kita memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan.
  4. Pada tahap ini pula bisa kita bayangkan perolehan hasil belajar apakah pada Low Order Thinking Skills (LOTS) ataukah sudah berada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Latihan Analisis SKL KI KD

Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus memperhatikan hal-hal penting di atas.

Demikianlah sharing tentang Analisis SKL KI KD … semoga menambah pemahaman kita bersama …


Comments

48 tanggapan untuk “Analisis SKL KI KD”

  1. Avatar andri susanto
    andri susanto

    trimakasih pa endardi…sebagai pembelajaran saya dalam memahami,,,menyusun silabus…

    1. Terima kasih pak Andri Susanto … kunjungannya … mudah2an berguna ….

      1. Uraian yang sangat inspiratif dan lugas. mudah dipahami oleh guru,…terima kasih bapak Endarta atas ilmunya, mohon ijin untuk mengimbaskan pada teman guru yang lain

        1. Mau tanya dan mohon bantuan koreksi bapak,…
          Kalau ada KD IPA Kelas 6 SD seperti berikut:
          3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana (C1).
          4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel. (P2) atau (P5)?
          Kemudian saya analisis dan saya urai menjadi IPK sbb:
          3.4.1 menemukenali (identifikasi) komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat (C1.1)
          3.4.2 menyebutkan nama dan fungsi komponen-komponen listrik.(C1.4)
          3.4.3 menjelaskan pengertian rangkaian seri.(C2)
          3.4.4 menjelaskan pengertian rangkaian paralel.(C2)
          3.4.5 menyebutkan 3 sifat rangkaian seri. (C1.4)
          3.4.6 menyebutkan 3 sifat rangkaian paralel. (C1.4)
          3.4.7 menentukan gambar rangkaian lampu seri. (C3)
          3.4.8 menentukan gambar rangkaian lampu paralel. (C3)

          4.4.1mengikuti (menirukan) guru /temannya membuat rangkaian lampu seri . (P1.2 / 8)
          4.4.2mengikuti (menirukan) guru / temannya membuat rangkaian lampu paralel . (P1.2 / 8)
          4.4.3 melakukan percobaan rangkaian lampu seri (P2.3)

          Apakah uraian seperti di atas sudah tepat? mohon ulasannya bapak, …sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih

          1. Pak Zaidi dari Malang ya … kebetulan besok kami berangkat ke Malang … hehehe … bisa temu darat kalau memungkinkan …
            KD 3.4 saya sependapat C1 sedangkan KD 4.4 melakukan percobaan itu P2 (tentunya masih mengikuti langkah2 percobaan) … menurut hemat saya KD 3.4 lebih rendah dibanding KD 4.4 karena itu sebagai catatan … KD 3.4 perlu dinaikkan menjadi C2 (memahami)
            ipk 3.4.1 dan 3.4.2 bisa diganti … menjelaskan komponen listrik dan fungsinya
            ipk 3.4.5 dan 3.4.6 bisa diganti menjelaskan (karena KD 3.4. sudah dinaikkan 1 tingkat)
            ipk 3.4.7 dan 3.4.8 mungkin lebih pas dengan kko memilih dan jenjangnya masih C2

            begitu menurut saya pak Zaidi … bagaimana … boleh juga kita diskusi di Malang … hehehe …

        2. silahkan … mungkin bisa jadi bahan diskusi pak Zaidi

          1. Terima kasih Bapak Endarta,….
            Hari ini ada di Malang, ada kegiatan di gedung apa pak?

          2. mengikuti rekan2 kunjungan di smkn 3 batu pak …

  • Terima Kasih atas informasinya. Pak mohon maaf. Adakah referensi yang seperti Bapak jelaskan diatas?
    Apakah Buku atau ebook atau dari sumber yang lain?
    Terimakasih atas perhatian Bapak.

    1. Ibu/Bp Tarry … referensinya ada di … Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Penyegaran 2017 …

      1. Avatar roniahmad
        roniahmad

        asalamualaikum war.wab
        salam silaturahmi
        saya mau taya pak. !
        mengapa kita harus melakukan pemetaan SKL, KD dan KI ?

        1. Wa alaikum salam wr. wb.
          salam silaturahmi kembali pak Roni …
          Analisis SKL KI KD dilakukan untuk menjamin agar ISI PEMBELAJARAN , PROSES PEMBELAJARAN dan PENILAIAN PEMBELAJARAN tepat mengarah pada Standar Kompetensi Lulusan yang diharapkan. jadi :
          Isi pembelajaran yang kita ajarkan … sesuai/memenuhi dengan standar isi
          proses pembelajaran memenuhi/sesuai dengan standar proses
          penilaian pembelajaran memenuhi/sesuai dengan standar penilaian

          Bukankah dengan analisis SKL KI KD … kita menemukan / memetakan … dimensi proses dan dimensi pengetahuan yang dikehendaki pasangan KD, kemudian kita MEMASTIKAN pengetahuan yang diperlukan setara dengan keterampilan yang diharapkan dikuasai siswa
          Setelah KD nya sudah kita pastikan sesuai pengetahuan, keterampilan dan sikapnya barulah diteruskan dengan analisis materi pembelajaran, analisis penerapan model pembelajaran, analisis penilaian pembelajaran
          … nah dengan begitu sebagai GURU kita ikut melakukan penjaminan mutu pendidikan yang optimal mengarah pada pembentukan SDM Indonesia sesuai SKL …
          Demikian pak Roni …

    2. Ibu/Bp Tarry … referensinya ada di … Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Penyegaran 2017 … yaitu di modul B1a Analisis SKL KI KD …

  • Selamat Pagi Pak, Saya guru Bahasa Arab SMA, pak. Saya mau bertanya.

    Untuk KD Pengetahuan (Mendemonstrasikan, mengemukakan, menunjukkan, menggambarkan, membedakan, menyatakan kembali, dan menentukan) itu level kognitifnya pada level berapa ya pak ?

    Dan untuk KD Keterampilan (Menggunakan dan menjelaskan) ada pada level berapa untuk taksonomi dave nya.

    Sebelumnya terimakasih atas bantuannya, saya dari kemaren berusaha untuk memahami, tapi sampai sekarang belum bisa menentukan level kognitifnya pak.

    1. Selamat malam pak Edrizal … untuk KD Pengetahuan kita merujuk pada taksonomi Bloom revisi … Anderson … mendemonstrasikan (demonstrate) ada di level C2 (olahan 2001) tetapi pada taksonomi sebelum revisi (masih 1956) berada di C3 mengemukakan C2, menunjukkan C1, membedakan C2, menyatakan kembali C2 ..
      Menggunakan (Manipulation setara P2) , menjelaskan saya belum menemukan … mungkin perlu dilihat konteks penggunaan kata ‘menjelaskan’ itu … coba dicek pada sumber lain … gunakan keywords … dave taxonomy action verbs … mungkin ditemukan … trims

      1. pak kalau saya membuat indikator seperti ini benar atau tidak ?

        3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur (memahami / C2)

        indikator :
        3.1.1. Mengidentifikasi (C2)
        3.1.2. Menentukan (C2)
        3.1.3. Mendiskusikan (C2)
        3.1.4. Mempraktekkan (C3)

        1. Pak Edrisal … KD nya yang benar ini ya …?

          3.1 Memahami tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
          4.1 Mendemontrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

          kalau dari KD ini … setuju C2
          Indikator 3.1.1 ATAU 3.1.2 OK … (menurut saya cukup salah satu karena 3.1.1 dan 3.1.2 MIRIP)
          Indikator 3.1.3 OK
          Indikator 3.1.4 Mempraktekkan … lebih cocok untuk indikator KD 4.1 ….

          demikian pak Edrizal …

          1. Maaf pak kalau saya mengganggu :
            KD BAHASA ARAB SMA PERMENDIKBUD 24 TAHUN 2016 (saya singkat)

            KELAS X
            3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa ….
            3.2. Mengemukakan jati diri ….
            3.3. Mengemukakan nama hari ….
            3.4. menunjukkan bangunan publik ….
            3.5. menggambarkan sifat orang ….
            3.6. membedakan aktifitas orang ….
            3.7. menyatakan kembali ungkapan sederhana tentang deskripsi orang …
            3.8. menentukan peribahasa arab ….

            4.1. menggunakan tindak tutur menyapa ….
            4.2. menjelaskan jati diri ….
            4.3. menggunakan teks sederhana terkait nama hari…..
            4.4. menggunakan teks sederhana terkait bangunan publik …
            4.5. menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang …
            4.6. menggunakan teks sederhana terkait aktivitas orang ….
            4.7. menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang ….
            4.8. menjelaskan perbahasa arab ……

            maaf merepotkan bapak. saya bingung untuk menganalisis KD yang ada pada taksonomi blooms dan dave serta mengaitkannya ke KD di atas ada pada C dan P ke berapa? mohon bimbingan pak.

          2. Ohh … KD di permendikbud 24 … setelah saya bandingkan ternyata memang berbeda …

            Menurut Permendikbud 24 seperti ini …
            3.1 mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), dst
            4.1 menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),

            Kalau pada KI KD SMK yang sudah direvisi seperti ini …
            3.1 Memahami tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
            4.1 Mendemontrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),

            karena itu saya mencontohkan seperti yang komentar sebelumnya …
            kembali ke pertanyaan pak Edrizal semula ….
            3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur (memahami / C2)
            indikator :
            3.1.1. Mengidentifikasi (C2) saran saya …. yang ini tidak digunakan sebab … mengidentifikasi … itu C3
            3.1.2. Menentukan (C2) yang ini bisa digunakan sebagai IPK jembatan menuju IPK sesungguhnya (define = C1)
            3.1.3. Mendiskusikan (C2) ini bisa … tapi saya sarankan pakai mengelompokkan atau mengklasifikasi (clasify = C2)
            3.1.4. Mempraktekkan (C3) yang ini saran saya … mendemonstrasikan … selevel dengan KD (tapi jujur saya ‘terganggu’ alias tidak sepaham karena kata mempraktekkan itu merujuk pada perbuatan … jadi cocoknya dipakai di IPK keterampilan …

            demikian pak Edrizal …
            oh ya … saya merujuk KKO nya dari Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing, Abridged Edition. Boston, MA: Allyn and Bacon

  • Terima kasih banyak pak bantuannya. saya juga baru tahu kalau ada yang sudah direvisi KI-KD bahasa arab smk. kalau boleh saya tau, dimana kita bisa dapatkan dokumen-dokumen k-13 dan modul modul yang sudah direvisi, pak?

    1. kalau pak Edrizal mencari KI KD SMK yang sudah revisi 2017 ada di posting saya https://putrautama.id/duniapendidikan/kompetensi-inti-kompetensi-dasar-silabus-dan-rpp-smk-terbaru-revisi-2017/
      Link Download nya ada di bagian tengah seterusnya ke bawah . Ada untuk semua program keahlian. Di setiap program keahlian itu berisi semua mata pelajaran yang ada pada program tersebut lengkap. Jadi DOWNLOAD nya BUKAN per mata pelajaran. Pilih salah satu program dimana pak Edrizal mengajar seterusnya bisa didownload.

      Demikian pak … mudahan membantu …

      1. untuk SMA Bp, di mana,,, mohon bantuan,, maaf?

        1. bisa belajar dari modul bimtek dari PSMA … ada di akun simpkb guru …

      2. bisa minta akidah akhlak MTS yang sudah direvisi pak!

  • Harus dibaca berulang-ulang ….. Sukses pak…

    1. iya … memang harus diulang-ulang supaya resap … karena ini masih baru bagi kita

      1. Avatar Fitriani
        Fitriani

        Pak…. smoga sehat slalu…
        Adakah Bpk memiliki KKO untuk ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan… penunjang untuk analisis SKL KI KD? komplit maksudnya…. Bisa share di blog ini pak? supaya terbantu untuk menganalisis SKL KI KD…. trims atas berbaginya pak…

  • Avatar wasti saldika
    wasti saldika

    terimakasih banyak pak, bagaimana cara mendapatkan uraian materi bapak diatas yah??

  • sangat bermanfaat! terimakasih Pak! 🙂

    1. iya bu Mutiara … terima kasih sudah berkunjung di blog dan memberi apresiasi pula … semoga sukses selalu …

  • Asssalamualaikum,
    1. Bagaimana cara menyetarakan jika KD Pengetahuan C2 dedangkan keterampilan sudah P5. Sedangkan menurut info menaikan atau menurunkan hanya bisa 1 tingkat saja?

    2. Bagaimana Cara menentukan keterampilan abstrak? apakah dilihat dari KKO? tapi sampai sekarang belum pernah lihat kko keterampilan abstrak?

    1. Wa alaikum salam …
      1. sejauh yang saya tahu … tidak ada ketentuan menaikkan level itu hanya 1 tingkat, yang seharusnya adalah … kd pengetahuan harus mampu medukung kd keterampilan yang diminta. Jika kd keterampilan sudah P5 maka KD pengetahuan ya harusnya sudah di C6. Tapi perlu di cek ulang .. coba cari KKO lain sebagai cek n ricek
      2. keterampilan abstrak coba bapak baca di posting saya Keterampilan konkret keterampilan abstrak

  • terima kasih pak, penjelasannya, mohon filenya dikirim

    1. saya kirim di email bu Bintarti … semoga membantu

  • Avatar dedeh kurniasari
    dedeh kurniasari

    saya masih baru menjadi seorang pengajar, bisa minta file semuanya pa?terimakasih sebelumnya

    1. cek emailnya mbak Dedeh K. …

  • mau tanya pak,

    KD 3.2 Menerapkan (C3 taksonomi bloom) fungsi sosial teks (Dimensi Konseptual).
    KD 4.2 menyusun (C3 taksonomi bloom) fungsi sosial teks (Dimensi Konseptual).

    pernyataan yg saya simpulkan:
    1. IPK KD 3.2 : 3.2.1 menentukan fungsi sosial teks.
    2. IPK KD 4.2 : 4.2.1 menggunakan fungsi sosial teks.

    dalam kasus diatas, KD 3.2 “menerapkan” merupakan (C3) dan dilanjut dengan “fungsi sosial teks” yang merupakan (dimensi konseptual), seharusnya saya selaraskan dengan menurunkan “menerapkan” menjadi “C2”. tapi pada akhirnya saat tujuan saya adalah mempuat IPK, penyelarasan KD 3 tersebut seolah tiada guna karena ketika saya turunkan level “menerapkan” yg berupa C3 menjadi C2, akan terpengaruhi KD Keterampilan yaitu KD 4.2 yang memiliki KKO level “C3”.

    pertanyaanya, haruskah saya menurunkan “menerapkan” menjadi C2 terdahulu? jika memang iya, mengapa demikian?

    untuk responnya, saya ucapkan terima kasih dan semoga selalu dilimpahkan rahmat dan berkah.

    1. pak Andre … menurut pendapat saya …
      KD 3.2 Menerapkan (C3 taksonomi bloom) fungsi sosial teks (Dimensi prosedural … bukan konseptual). Rujukan saya … glosarium dalam buku siswa bahasa Indonesia berikut :
      prosedur: jenis teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik, tetapi apabila teks prosedur kompleks mengandung langkah-langkah yang dapat dibalikbalik, teks tersebut disebut protokol. Struktur teksnya adalah tujuan yang akan dicapai^langkah-langkah.
      Jadi menerapkan teks dalam fungsi sosial … SUSUNAN nya … tujuan yang akan dicapai … diikuti … langkah-langkah … karena itu saya berpendapat bentuk pengetahuannya prosedural

      – KD 4.2 menyusun (C3 taksonomi bloom) … menurut pemahaman saya … jangan melihat ke taksonomi Bloom karena ini KD keterampilan … jadi melihatnya keterampilan kongkrit atau keterampilan abstrak …

      Jadi … kita tidak perlu menurunkan target kompetensi … secara umum saya juga menganjurkan kita tidak menurunkan target kompetensi tetapi jika terjadi KD PENGETAHUAN nya sudah tinggi KD KETRAMPILANnya lebih rendah … tidak masalah … jika terjadi KD PENGETAHUAN nya lebihh rendah dari KD KETRAMPILAN nya ini harus diperbaiki dengan meningkatkan level KD PENGETAHUAN agar setara dengan KD KETERAMPILAN

      Demikian pendapat saya pak Andre …

  • Maaf Bapak, analisis ini jg dapat diterapkan pada SMA?
    terima kasih

    1. Bu Dewi mapelnya apa?

  • Avatar Alfan.dinata
    Alfan.dinata

    Pagi Pak Endarta, Saya Alfan, guru disalah satu SMA di Sumut. Boleh dibagi link untuk SKL semua Mata pelajaran, terutama yang di UN-kan pak…..agar bisa kami fokuskan anak-anak belajar sesuai SKL…menjelang UNBK.
    Makasih sebelumnya pak.

    1. selamat pagi pak Alfan … saya tidak paham yang bapak maksudkan dengan link untuk SKL semua Mata pelajaran … karena Analisis SKL KI KD itu guru yang membuat … dan saya tidak memilikinya … mohon maaf pak …

  • Pa, bagaimana menghasilkan lulusan yg mandiri, biar jadi bos, atau pengusaha/pedagang. Karena banyak lulusan di Indonesia hanya menjadi pekerja, karyawan, PNS, buruh. Dengan jadi bos, bangsa ini jadi kuat, mandiri, dan jaya.

    1. pak Kelik … memang itu yang diharapkan … tentunya jawabannya tidak bisa singkat … banyak hal harus dilakukan dengan serius. Sekedar cerita pengalaman waktu mengajar yang sekarang alumninya sudah banyak yang mandiri sebagai wirausaha … yang saya lakukan …
      1. memastikan siswa menguasai pengetahuan dan keterampilan kejuruannya secara individual … saya dorong supaya siswa praktek satu orang satu pekerjaan … supaya siswa memiliki rasa percaya diri, merasakan kegagalan atau keberhasilan mengerjakan tugasnya . Pada saat ulangan saya awasi dengan ketat … sehingga siswa hanya bisa mempercayai diri sendiri dalam mengerjakan soal ulangan, jika tempat memungkinkan … saya minta duduk berjauhan, jika tempatnya agak rapat saya minta tulis nama kawan di sekelilingnya … kiri, kanan, depan, belakang supaya mereka jujur dan percaya diri sendiri.
      2. Ketika saya ditugasi mengajar kewirausahaan (aslinya saya Teknik Elekronika) … (kebetulan waktu itu saya nyambi jadi wirausaha) kita fasilitasi mereka supaya berlatih mengembangkan jiwa dan keterampilan sebagai wirausaha … ya berkomunikasi, mempromosikan usaha, merancang papan nama usaha untuk dipasang di rumah masing-masing, merancang kartu nama masing-masing dan tentunya kerja keras dan kejujuran.

      sekali lagi itu hanya sedikit cerita pengalaman pribadi … dan menurut evaluasi saya … yang saya kerjakan waktu itu … sekarang menjelma dalam matapelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Berwirausaha dengan berbasis keterampilan kejuruan … menghasilkan produk barang ataupun jasa yang bisa dijual berbasis keterampilan kejuruannya …
      Bagaimana yang sudah dicoba pak Kelik dan kawan-kawan ?

  • Avatar GANDUNG YUSTIADI
    GANDUNG YUSTIADI

    Pak Endarta, saya juga lulusan STM Pembangunan Yogyakarta yang sekarang menjadi guru juga di STM Pembangunan Yogyakarta. bisa minta file-file di atas pak? Terima kasih

    1. Pak Gandung … terima kasih sudah mampir di blog saya … alhamdulillah ketemu saudara seperguruan … nanti saya share di email … salam untuk rekan-rekan di STM Pembangunan Yogyakarta …

  • Trimakasih ilmuny sangat bermanfaat sekali.

  • Trimakasih ilmunya sangat bermanfaat sekali

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.