Analisis Penilaian Hasil Belajar sering kurang mendapat perhatian yang serius. Analisis penilaian hasil belajar sesungguhnya juga bagian yang sangat penting dalam RPP K2013 SMK. Coba rekan-rekan bayangkan, KI dan KD sudah direvisi, Indikator Pencapaian Kompetensi sudah optimal, Tujuan Pembelajaran sudah benar, materi pembelajaran sudah OK, proses pembelajaran OK, namun kompetensi siswa diukur dengan alat ukur yang tidak tepat … apa jadinya? Inilah alasannya mengapa kita perlu lakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.
Analisis Penilaian Hasil Belajar adalah aktivitas pendidik menjabarkan berbagai aspek penilaian hasil belajar yang sesuai untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar yang dipelajari siswa. Dalam konteks Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 analisis Penilaian Hasil Belajar merupakan langkah analisis yang ke empat untuk mengisi format RPP.
Sebagai rencana penilaian, Analisis Penilaian Hasil Belajar memberi ruang bagi guru untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter (PPK) yang sudah dilakukan.
Acuan Dasar Analisis Penilaian Hasil Belajar
Analisis Penilaian Hasil Belajar sebagai suatu aktivitas pendidik dalam menjabarkan aspek-aspek penilaian hasil belajar yang direncanakan, memerlukan pengetahuan terkait penilaian pembelajaran. Analisis Penilaian Hasil Belajar akan mengalami kendala dan terancam gagal jika kita selaku pendidik tidak memahami acuan dasar, pedoman dan panduan teknis Penilaian Hasil Belajar. Hal ini sangat masuk akal sebab bagaimana mungkin kita mampu melakukan analisis penilaian hasil belajar kalau kita sebagai pendidik tidak memiliki pemahaman dengan hal-hal terkait analisis penilaian hasil belajar.
Agar rekan-rekan pendidik SMK mudah dan sukses melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar, pedoman utama dan pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar yang perlu dipahami adalah:
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
- Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah pada dasarnya adalah peraturan transisi yang memberi arah dan kepastian terkait penilaian oleh penddik dan satuan pendidikan. Peraturan ini belum bersifat teknis sehingga perlu dilengkapi dengan petunjuk teknis atau panduan operasional bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam bentuk Panduan Penilaian SMK. Namun demikian, regulasi ini mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 adalah regulasi pemerintah tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menetapkan kriteria mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai regulasi yang menstandarkan penilaian hasil belajar, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 juga mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.
Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017 (Panduan Penilaian SMK 2017) adalah pedoman praktis bagi pendidik dan satuan pendidikan seperti diungkapkan Direktur Jenderal Penddikan Dasar dan Menengah seperti kutipan berikut :
“Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik secara sahih, obyektif, sistematis dan komprehensif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Panduan ini juga sekaligus merupakan pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akuntabel dan informatif.
Panduan ini akan sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang penggunaan beragam teknik penilaian, dilengkapi contoh dan langkah-langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor.
Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih profesional sehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.”
Dengan demikian, sangat jelas bagi kita bahwa kita sangat memerlukan pengetahuan dasar terkait penilaian sebelum melakukan analisis penilaian hasil belajar. Pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar ada di dalam Panduan Penilaian SMK 2017.
Dengan uraian pengantar ini diharapkan rekan pendidik telah memahami mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian dan instrumen penilaian dengan membaca secara mandiri Panduan Penilaian SMK 2017. Dengan begitu insya Allah rekan-rekan mudah dan sukses melakukan analisis penilaian hasil belajar.
Pengetahuan Penilaian Pendidikan untuk Analisis Penilaian Hasil Belajar
Kegiatan analisis penilaian hasil belajar jelas memerlukan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar dan cara melakukan analisis penilaian hasil belajar. Sebelum masuk pada cara melakukan analisis penilaian hasil belajar terlebih dahulu perlu dipahami Standar Penilaian Pendidikan dan petunjuk teknis tentang penilaian hasil belajar tersebut. Ringkasan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar yang sesuai Standar Penilaian khususnya di SMK dapat dibaca pada posting ……..
Analisis Penilaian Hasil Belajar menurut Prosedur Penilaian Pembelajaran dan Hasil Belajar (Oleh pendidik)
Analisis Penilaian Hasil Belajar oleh pendidik tidak lepas dari prosedur penilaian pendidikan yang sudah ditetapkan pemerintah. Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian pasal 13 yang berbunyi Prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan urutan:
- Menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah disusun;
- Menyusun kisi-kisi penilaian;
- Membuat instrumen penilaian berikut pedoman penskoran;
- Melakukan analisis kualitas instrumen;
- Melakukan penilaian;
- Mengolah, menganalisis, dan Menginterpretasikan hasil penilaian;
- Melaporkan hasil penilaian; dan
- Menindaklanjuti laporan hasil penilaian.
Penilaian yang sedang kita diskusikan adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa sesuai KD yang dipelajari yang sudah dianalisis pada Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran, oleh karena itu langkah selanjutnya adalah menyusun kisi-kisi.
Menyusun Kisi-kisi Penilaian dan Soal HOTS dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar
Kegiatan Analisis Penilaian Hasil Belajar lazimnya identik dengan penyusunan kisi-kisi penilaian, penyusunan instrumen penilaian (soal), pedoman penskoran dan analisis kualitas instrumen. Oleh karena itu sebelum dipaparkan contoh terkait kisi-kisi penilaian saya menganjurkan untuk mengenal lebih jauh tentang penyusunan / pembuatan soal berkategori HOTS terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan mengingat kita masih asing dengan soal-soal HOTS. Rekan-rekan dapat menggali lebih jauh terkail Soal HOTS pada posting saya yang lain di …..
Contoh Kisi-kisi Penilaian dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar
KISI-KISI DAN SOAL
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran : Teknologi Kantor
Kompetensi Dasar :
3.10. Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
4.10. Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
- Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar | IPK | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No Soal |
---|---|---|---|---|---|
3.10 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4) | 1. Menjelaskan pengertian data | Definisi Data dan Informasi | 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian data | PG | 1 |
2. Membedakan data dengan informasi (C2) | Jenis-jenis Data di tempat kerja | 2. Siswa dapat membedakan data dengan informasi | Uraian | 2 | |
3. Menguraikan jenis-jenis data di tempat kerja (C2) | Kualifikasi/Persyaratan Informasi di tempat kerja | 3. Disajikan berbagai data yang ada diperusahaan, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis data sesuai kebutuhan di tempat kerja (C2) | Uraian | 3 | |
4. Menerapkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3) | Internet Browsing dan Searching | 4. Disajikan data kegiatan pencarian informasi, siswa dapat mengurutkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3) | PG / Uraian | 4 | |
5. Merinci agenda perjalanan dinas pimpinan berdasarkan informasi dari internet (C4) | 5. Disediakan informasi hasil pencarian dari internet, siswa dapat merinci agenda perjalanan dinas pimpinan | Uraian | 5 |
Instrumen / Soal Pengetahuan
No | Soal | Kunci Jawaban | Skor |
---|---|---|---|
1 | Manakah pernyataan yang paling benar dari pilihan berikut : a. Data merupakan informasi yang diolah dari fakta b. Data merupakan fakta yang dioalah dari informasi c. Data merupakan bahan mentah yang diolah menjadi informasi d. Data merupakan bahan mentah yang diolah dari informasi e. Data merupakan informasi yang diolah menjadi fakta | Kunci Jawaban: C. Data adalah bahan mentah yang diolah menjadi informasi (keterangan) | |
2 | Jelaskan perbedaan data dengan informasi? | Data merupakan bahan mentah yag belum diolah, sedangan Informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu | Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat Skor 1 : Jika jawaban salah |
3 | Jelaskan lima jenis data yang ada di tempat kerja? | Jenis-jenis data di tempat kerja terdiri dari : Data keuangan, adalah data-data terkait hal-hal seputar keuangan perusahaan Data administrasi umum, adalah data yang berhubungan dengan hal-hal rutin operasional kegiatan kantor Data kepegawaian, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan Data pemasaran, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran perusahaan Data produksi, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk/jasa di perusahaan | Skor 4 : Jika jawaban lengkap (5 data) dan benar Skor 3 : Jika jawaban lengkap (5 data) tetapi kurang tepat Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi kurang lengkap Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah |
4 | Di bawah ini merupakan kegiatan-kegiatan dalam mencari informasi melalui internet. Buka aplikasi web browser pada komputer Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan Dari kegiatan-kegiatan di atas, prosedur/langkah mencari informasi melalui internet yang benaraddalah : a. (1); (2); (3); (5); (4) b. (1); (2); (3); (4); (5) c. (1); (3); (2); (4); (5) d. (1); (3); (3); (5); (4) e. (1); (2); (4); (5); (4) Atau dibuat dalam bentuk uraian Untuk mendapatkan data dan informasi lewat internet sesuai dengan yang diminta, langkah/prosedur apa yang harus dilakukan? | Kunci Jawaban : A a. (1); (2); (3); (5); (4) Kunci Jawaban : Langkah-langkah untuk mencari informasi lewat internet adalah : Buka aplikasi web browser pada komputer Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan | Skor 4 : Jika jawaban lengkap, benar dan berurut (1-5) Skor 3 : Jika jawaban lengkap, benar (1-5), tetapi tidak berurut Skor 2 : Jika jawaban tidak lengkap, benar dan berurut Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah |
5 |
- Tiara bekerja sebagai seketaris pada PT EKA JAYA yang bergerak dalam bidang elektronik dan berkedudukan di Bandung. Ir. Zulkarnaen sebagai pimpinan perusahaan ingin mengetahui kondisi salah satu anak perusahaan yang dibinanya yaitu CV. Agung Jaya yang berkedudukan di Malang. Dia meminta Tiara untuk mendapatkan data dan informasi. Data yang diminta adalah jenis data yang ada di tempat/lingkungan kerja perusahaan yang menjadi binaanya. Selain itu, diminta mengagendakan kunjungan/perjalanan dinas dan mencari informasi tentang waktu, pesawat dan penginapan untuk melakukan pertemuan dengan perusahaan tersebut. Untuk mengerjakan semua permintaan tersebut, Tiara mencarinya lewat internet melalui aplikasi web browser.
Dari data yang diperoleh, buat rincian agenda perjalanan pimpinan dan salin ke dalam bentuk pengolah kata untuk dilaporkan kepada pimpinannya.
- Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar | Materi Bahasan | Indikator | Indikator Soal | Bentuk Soal | No Soal |
---|---|---|---|---|---|
4.10 Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4) | · Definisi Data dan Informasi · Jenis-jenis Data di tempat kerja · Kualifikasi /Persyaratan Informasi di tempat kerja · Internet Browsing dan Searching | 1. Memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja (P4) 2. Membuat laporan dari informsi yang didapat lewat internet (P4) | 1. Siswa dapat memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja 2. Disajikan data dan informasi dari internet, siswa dapat membuat laporan. | Tes Praktek | 1 |
Soal Keterampilan :
Carilah informasi tiket pesawat dan hotel untuk keperluan perjalanan dinas pimpinan ke Surabaya selama 3 hari, pada tanggal 28-31 Maret 2017. Selain pimpinan, yang berangkatadalah manager pemasaran dan manajer produksi. Untuk keperluan pemberangkatan pimpinan beserta 2 orang stafnya, alokasi biaya yang digunakan sebesar Rp. 18.000.000.000.,-. Susunlah informasi dari internet tersebut kedalam aplikasi pengolah kata.
No | Komponen/Sub Komponen Penilaian | Indikator | Skor |
---|---|---|---|
1. Persiapan Kerja | |||
a. Penggunaan alat dan bahan | |||
- NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK
Aplikasi Penilaian Hasil Belajar SMK 2017
Sumber:
- Analisis Penilaian Hasil Belajar Modul Bimtek Implementasi K2013 Tahun 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud
- Panduan Penilaian Hasil Belajar pada SMK 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan