analisis-materi-pembelajaran

Analisis Materi Pembelajaran

Analisis Materi Pembelajaran itu penting! Analisis Materi Pembelajaran kunci akurasi pembelajaran. Analisis Materi Pembelajaran tahapan perencanaan yang penting artinya untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 yang lengkap secara materi dan memenuhi syarat secara pedagogik dan menjadi pintu masuk penguatan pendidikan karakter (ppk). Guru harus tahu dengan pasti dan menyadari pendidikan karakter peserta didik yang bisa dilakukan sesuai dengan materi pembelajaran. Bahkan, melalui Analisis Materi Pembelajaran yang cermat, guru juga bisa merencanakan pada materi pembelajaran mana yang bisa digunakan sebagai media penguatan literasi siswa. Karena itu, hasil akhir analisis materi pembelajaran bukan saja tepat secara materi namun juga memudahkan siswa menguasai kompetensi dasar. Mengapa begitu? Adakah ‘jurus-jurus’ jitu analisis materi pembelajaran ? Mari kita diskusikan bagaimana kita melakukan Analisis Materi Pembelajaran.

Pengetahuan Dasar Analisis Materi Pembelajaran

Analisis Materi dalam KD merupakan salah satu bentuk aktivitas perencanaan yang menuntut penerapan kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional guru. Kegiatan analisis materi pembelajaran ini memerlukan kompetensi guru yang terkait dengan hal-hal berikut:

  • Pengetahuan konten materi ajar (konten knowledge)

Analisis Materi Pembelajaran jelas sekali menuntut pengetahuan guru terhadap mata pelajaran yang diampunya. Penguasaan materi ajar oleh guru pengampu memungkinkan guru mengidentifikasi hal-hal fundamental maupun pengetahuan dan keterampilan lain yang dibangun di atas fundamen tersebut. Kelemahan penguasaan materi jelas menjadi kendala analisis materi pembelajaran.

  • Pengetahuan pedagogik materi ajar (paedagogic knowledge)

Analisis Materi Pembelajaran memerlukan pengetahuan dan keterampilan guru bagaimana mengajarkan materi ajar itu? Ini bukan tentang penguasaan kita tentang materi ajar tetapi bagaimana melatihkan kepada siswa.

Materi pembelajaran adalah isi rumusan Kompetensi Dasar (KD). Materi pembelajaran ialah pengalaman-pengalaman belajar yang seharusnya diinteraksikan di antara peserta didik dan lingkungan belajarnya untuk mencapai kemampuan dasar (baca kompetensi dasar) yaitu perubahan perilaku siswa sebagai hasil belajar dari mata pelajaran.

Sebagai unit kompetensi, satu Kompetensi Dasar (KD) (kemampuan melakukan sesuatu) tersusun dari beberapa sub kompetensi yang lebih sempit lingkupnya yang disebut Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Di dalam satu kompetensi dasar (KD) dapat terdiri dari beberapa indikator pencapaian kompetensi. Guru harus dapat menemukan indikator-indikator pencapaian kompetensi ini.

OK, kita sudah menemukan indikator-indikator pencapaian kompetensi, bagaimana kita bisa mengajarkan atau melatihkan kepada siswa. Dapatkah siswa bisa langsung menguasai dan menunjukkan indikator pencapaian kompetensi? Tentu tidak kan? Kita harus menguraikan tiap-tiap indikator tersebut menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih rinci agar dapat dikuasai siswa sedikit demi sedikit. Hal-hal rincian ini yang dijadikan tujuan pembelajaran. Semua inilah aktivitas-aktivitas Analisis Materi Pembelajaran. Nah sekarang perhatikan ilustrasi berikut :

analisis-materi-pembelajaran
analisis-materi-pembelajaran

Indikator pencapaian kompetensi merupakan rumusan kemampuan yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD). Diskusi tentang hal ini lihat posting saya yang lain di …  Indikator pencapaian kompetensi

Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dari KI pengetahuan dan KD dari KI keterampilan dengan mengaitkan dimensi sikap yang akan dikembangkan. Diskusi tujuan pembelajaran lebih rinci lihat posting saya yang lain di Tujuan pembelajaran

Ketika menganalisis kita memerlukan Kata Kerja Operasional (KKO) dari taksonomi-taksonomi. Pada KD pengetahuan menggunakan taksonomi Bloom olahan Anderson, KD keterampilan untuk keterampilan kongkrit menggunakan taksonomi Simpson dan Dave, sedangkan keterampilan abstrak menggunakan taksonomi Dyer. Dimensi-dimensinya sudah kita analisis pada Analisis SKL KI KD. Diskusi lebih rinci dapat dilihat pada posting saya yang lain di Analisis SKL KI KD.

Analisis Materi Pembelajaran menuntut kita menentukan rujukan sumber bahan ajar. Materi ajar dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial (Permendikbud … )

Analisis Materi juga mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan.
  2. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik.
  3. Kebermanfaatan bagi peserta didik.
  4. Struktur keilmuan.
  5. Berbagai sumber belajar (referensi yang relevan dan termutakhir)
  6. Alokasi waktu.

Langkah-langkah Analisis Materi Pembelajaran

Analisis Materi Pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah seperti diuraikan berkut ini:

Pertama, siapkan Format Analisis Materi Pembelajaran seperti contoh berikut …

Tabel 1. Penjabaran KI dan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Tujuan Pembelajaran dan Materi Pembelajaran

Kompetensi DasarIPKTujuan Pembelajaran 
(Integrasi nilai-nilai Karakter)
Materi Pembelajaran
3.3 Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital.3.3.1 Menerangkan komunikasi daring asinkron.a.    Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:  
·   Mengelompokkan bentuk komunikasi daring asinkron sesuai karakteristik dengan bertanggungjawab.
·   Menjelaskan komunikasi daring asinkron sesuai prinsip dengan cermat
·   menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun
Konsep Komunikasi daring asinkron.
……………………………………………………
3.3.2 Menerangkan komunikasi daring sinkron.b.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
·   menjelaskan terjadinya komunikasi daring sinkron sesuai prinsip dengan cermat.
·   menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
Konsep Komunikasi daring sinkron
……………………………………………………
3.3.3 Menerapkan komunikasi daring asinkron dan komunikasi daring sinkron.c.    Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat melakukan carakomunikasi daring online sesuai prosedurdengan percaya diri.Teknik  Komunikasi daring asinkron dan komunikasi daring sinkron.
4.      Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi DasarIPKTujuan Pembelajaran 
(Integrasi nilai-nilai Karakter)
Materi Pembelajaran
4.3 Menyajikan hasil penerapan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.4.3.1 Mengikuti(Meniru) komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.d.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diriMendemontrasikan Komunikasi daring asinkron dan sinkron
4.3.2 Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugase.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri

Kedua, isi Format Analisis Materi Pembelajaran di atas. Ikuti arahan berikut …

  1. Di samping angka 1. , 2. , 3. dan 4. Diisikan berturut-turut kompetensi inti spiritual, kompetensi inti sosial, kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi inti keterampilan yang dapat diperoleh dari dokumen Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017. Kalau belum punya dokumen KI KD, DOWNLOAD dari posting saya yang lain … di sini Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017
  2. Di bawah kolom Kompetensi Dasar (ada 2) masing-masing diisikan KD Pengetahuan (atas) dan KD Keterampilan (bawah) yang berpasangan. Copy dari file dokumen KI KD ke form Analisis Materi Pembelajaran di atas.
  3. Pada kolom IPK KD Pengetahuan (atas) di samping angka 3.2.1 tuliskan Indikator pencapaian kompetensi pengetahuan ke 1. INGAT !!! Sebelum disusun dalam format Analisis Materi Pembelajaran ini Indikator pencapaian kompetensi SUDAH DIURUTKAN dengan prinsip:
  • Disusun dari yang paling MUDAH menuju yang paling SULIT
  • Disusun dari yang NYATA menuju yang ABSTRAK
  • Tetapi tetap MENGIKUTI Struktur keilmuannya
  1. Pada kolom tujuan pembelajaran, isikan tujuan pembelajaran ke 1, ke 2 dst untuk mendukung pencapaian IPK ke 1. Semakin banyak tujuan pembelajaran berarti pembelajaran akan semakin lengkap, makin sedikit tujuan pembelajaran berarti semakin minimalis pembelajaran ( Relakah anak , adik , keponakan rekan-rekan diberi pembelajaran TIDAK LENGKAP ?). Jangan lupa, rumusan tujuan pembelajaran juga mencantumkan pendidikan karakter yang dilakukan (ini amanat Perpres No. 87 tahun 2017)
  2. Pada kolom Materi Pembelajaran, isikan materi pembelajaran yang harus dibahas untuk mendukung pencapaian IPK 1, otomatis ini akan mendukung pencapaian KD karena IPK 1 sudah dianalisis dan ditentukan untuk mendukung KD. Lanjutkan pengisian kolom IPK , tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran pada Kompetensi Dasar Pengetahuan sesuai KD pengetahuan Anda. Sampai tahap ini Pemetaan Materi Pembelajaran KD Pengetahuan selesai
  3. Pemetaan Materi Pembelajaran KD Keterampilan, prinsip pengisiannya sama dengan Analisis Materi KD Pengetahuan. Namun demikian ada perbedaannya yaitu:
  • Kata Kerja Operasional (KKO) yang digunakan pada keterampilan diambil dari taksonomi Simpson , Dave atau Dyers sedangkan KD pengetahuan dari taksonomi Bloom / Anderson.
  • Rumusan IPK, Tujuan pembelajaran dan Materi pembelajaran menjurus pada bentuk aktivitas melakukan sesuatu.

Contoh Analisis Materi Pembelajaran

Pada contoh berikut ini, admin kutipkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013. Maksud saya adalah agar pembaca / rekan-rekan yang belum mengikuti bimtek implementasi Kurikulum 2013 juga bisa mempelajari dari rujukan utama diskusi kita dari sumber asalnya.

Tabel 1. Penjabaran KI dan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Tujuan Pembelajaran dan Materi Pembelajaran

(Permendikbud ….)

Mata Pelajaran: Simulasi dan Komunikasi Digital

1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi DasarIPKTujuan Pembelajaran 
(Integrasi nilai-nilai Karakter)
Materi Pembelajaran
3.3 Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital.3.3.1 Menerangkan komunikasi daring asinkron.a.    Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:  
·   Mengelompokkan bentuk komunikasi daring asinkron sesuai karakteristik dengan bertanggungjawab.
·   Menjelaskan komunikasi daring asinkron sesuai prinsip dengan cermat
·   menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun
Konsep Komunikasi daring asinkron.
……………………………………………………
3.3.2 Menerangkan komunikasi daring sinkron.b.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
·   menjelaskan terjadinya komunikasi daring sinkron sesuai prinsip dengan cermat.
·   menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
Konsep Komunikasi daring sinkron
……………………………………………………
3.3.3 Menerapkan komunikasi daring asinkron dan komunikasi daring sinkron.c.    Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat melakukan carakomunikasi daring online sesuai prosedurdengan percaya diri.Teknik  Komunikasi daring asinkron dan komunikasi daring sinkron.
4.      Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi DasarIPKTujuan Pembelajaran 
(Integrasi nilai-nilai Karakter)
Materi Pembelajaran
4.3 Menyajikan hasil penerapan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.4.3.1 Mengikuti(Meniru) komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.d.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diriMendemontrasikan Komunikasi daring asinkron dan sinkron
4.3.2 Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugase.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri
Hasil Analisis Materi Pembelajaran

Analisis Materi Pembelajaran seperti telah dijelaskan di atas dan diberikan cara pengisian maupun contoh Analisis Materi Pembelajaran memberikan hasil yang berguna bagi kita yaitu:

  1. Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan sudah terjabarkan kedalam Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran dan Materi pembelajaran yang sudah kita ‘bumbui’ dengan seni membelajarkan siswa (pengetahuan pedagogik), insya Allah … JOOSS
  2. Kompetensi Dasar , Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran dan Materi pembelajaran SUDAH TERURUT dengan penerapan prinsip-prinsip pedagogik.
  3. Kompetensi Dasar , Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran dan Materi pembelajaran SIAP dituangkan ke Analisis Penerapan Model Pembelajaran dengan pemaduan sintaksnya.
  4. Analisis Materi Pembelajaran telah mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter (ppk).
Kelemahan pada pelaksanaan analisis materi pembelajaran

Analisis Materi Pembelajaran seperti tampak pada judul-judul kolomnya, mudah sekali. Karena kolom-kolom dalam format Analisis Materi Pembelajaran nampak mudah kita sering terjebak menerapkan konsep-konsep lama yang seharusnya sudah diganti. Beberapa kelemahan Analisis Materi Pembelajaran yang sering ditemukan antara lain:

  1. Rekan-rekan sering banyak yang tidak sempat atau belum menyempatkan membaca modul Analisis Materi Pembelajaran sehingga pengisian kolomnya banyak yang kurang tepat.
  2. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi sering kurang tepat karena belum melakukan Analisis SKL KI KD sehingga tidak tahu level KKO yang mana dari taksonomi siapa yang digunakan.
  3. Kelemahan yang lain sering tampak pada perumusan Tujuan Pembelajaran. Banyak rekan yang rumusan tujuan pembelajarannya masih seperti yang lama.

Ok … demikianlah diskusi sekitar Analisis Materi Pembelajaran. Semoga bermanfaat dan jika ada kekurangan pada teks diskusi di atas dipersilahkan rekan-rekan memberikan sharing pengalamannya. Salam.


Comments

42 tanggapan untuk “Analisis Materi Pembelajaran”

  1. Avatar Dewi Puspitasari
    Dewi Puspitasari

    Luar biasa. Penyampaian yg tdk berbeli belit sehingga mudah di tangkap dan dipahami bagi sy yg tdk memiliki bahasa tingkat dw… Matur Nuwun sanget… Tinggal menerapkan…

    1. ha ha ha … terima kasih bu Dewi Puspitasari … menyempatkan singgah di sini … bisa banget membuat kata-kata … kalau ngomongin bahasa … aku bisanya ya seperti itu … ditambah … biar disukai google search … jadi bisa muncul di halaman pertama pencarian … kalau bahasa tingkat Dewi .. aku gak bisa … alus pisan …

      1. Avatar rurun bariroh
        rurun bariroh

        materi bisa di save ya pak,

        1. Iya bu Rurun … maungesave yang mana ?

  2. Avatar Cacas Rohaeni
    Cacas Rohaeni

    Trimks materi yg Bpk sampaikan semoga bisa membantu Lembaga Aquarius Tailor/Salon dlm proses pembelajaran

    1. semoga memberi manfaat …

  3. Avatar Fitriani
    Fitriani

    Asl. Wr. Wb. Pak Adi… saya ingin tahu perihal dengan materi pembelajaran suatu mapel, apakah mungkin dalam satuan pendidikan yang sama bisa melaksanakan pembelajaran materi yang berbeda pada masing-masing KD, maksudnya kelas paralel tetapi memperoleh KD yang berbeda-beda antara kelas yang satu dengan kelas yang lainnya? Mohon pencerahannya pak … sesuaikah dengan K13 revisi yang dilaksanakan saat ini….. trima kasih pak….

    1. wa alaikum salam wr wb ….
      kayaknya gak mungkin kelas paralel dapat KD yg berbeda antara kelas yg satu dengan kelas yang lain …
      kalau yang saya pahami … kita diharapkan memberikan materi ajar yang bervariasi jenisnya pada KD yang sama itu …
      begitu bu Fitri …

    2. wa alaikum salam wr wb … bu Fitriani … logikanya … semua rombel bahkan semua siswa harus mendapatkan pembelajaran lengkap semua KD tetapi juga diutamakan penekanan masing2 KD pada penerapan yg serinng ditemui pada program keahlian ybs. Yang bagus lagi … tiap siswa yang berbeda gaya belajarnya … mendapat materi ajar dengan media pembelajaran yang berbeda pula … yang senang textual dapat materi berbasis teks … yang senang visual dapat materi belaajar berbasis visual dst …. ini baru dikatakan …. guru memperlakukan siswa secara adil … sama sesuai gaya belajarnya …..

  4. Pak saya ingin mendownload file Bapak apa bisa ya. terimakasih

    1. sudahdikirim pak …

  5. terima kasih pak materi k13 nya. cara downloadnya gimana pak?

    1. pak Samsul Arif … saya kirim di email … silahkan diperiksa …

  6. terima kasih pak materix.sya guru ppkn SMP.Bsa mnta analisis SKL Sama silabus klas VIII ya,,

    1. bu Mariana … analisis skl nya saya email … coba diperiksa … semangat bu !!!

      1. Avatar Binti Rosidah
        Binti Rosidah

        assalamualaikum pak Endarta, mohon memberi contoh analisis kompetensi dasar kurikuum 2013 mapel bahasa Indonesia memuat materi yang berkaitan dengan membaca,menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak,
        terima kasih

        1. wa alaikum salam bu Rosidah … mau saya coba … tapi untuk jenjang apa ya …. SD SMP SMA atau SMK …

  7. Mohon maaf bapak, kalau untuk contoh analisis materi ajar sd bagaimana pak?

    1. Mas Andika … kira-kira ringkasannya begini …
      1) Menentukan Tema dalam Satu Tahun Ajaran
      2) Merumuskan Indikator pada Setiap Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran
      3) Memetakan kompetensi dasar dari semua mata pelajaran dalam satu tahun
      pelajaran.
      4) Membuat Jaringan Tema
      5) Membagi jaringan tema menjadi subtema
      6) Membagi jaringan subtema menjadi jaringan harian
      7) Menyiapkan Materi Pembelajaran
      …. mungkin ini bisa menginspirasi …

  8. Avatar rano nurcahyantoro
    rano nurcahyantoro

    Terima kasih atas materinya pa..sungguh sangat membantu dan memberikan pencerahan. ..

    1. alhamdulillah … terima kasih sudah berkunjung …

      1. Avatar rano nurcahyantoro
        rano nurcahyantoro

        Assalamu’alaikum Wr.Wb. Saya sungguh membutuhkan bantuan Bapak untuk bisa mengirimkan postingan Bapak tentang Analisis SKL KI-KD, Analisis Materi Pelajaran, Analisis Penerapan Model Pelajaran, Analisis Penilaian Hasil Belajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Besok pagi hari Rabu, 3 Januari 2019 saya diminta tolong oleh sekolah untuk sharing tentang hal tersbut. Kiranya dapat memberi pencerahan. Terima kasih bapak atas bantuannya. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

        1. Wa alaikum salam wr.wb.
          saya usahakan pak Rano … semoga bisa membantu kegiatan bapak beserta rekan-rekan …
          Jika memungkinkan … bisa diajak rekan-rekan nanti mengunjungi blog untuk lebih banyak bisa berdiskusi bersama …
          Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

          1. Avatar rano nurcahyantoro
            rano nurcahyantoro

            Terima Kasih Bapak…semua file yang diberikan Bapak sudah saya download dan saya sampaikan kepada semua teman2 disekolah di hari Rabu kemarin…dan alhamdulillah pada pertemuan itu teman2 banyak yang mulai memahami khususnya pada analisis SKL KI KD sesuai dengan penjelasan yang bapak berikan. Sekarang yang saya masih beban adalah mengenai penyampaian contoh kongkret RPP yang sudah jadi sesuai dengan revisi 2018. Saat ini teman-teman membutuhkan contoh tersebut. Dan pada hari Sabtu besok, saya mendapatkan tugas kembali dari sekolah untuk menyampaikan hal tersebut. Barangkali berkenan, mohon bantuan Bapak dapat memberikan contoh-contoh RPP Mata Pelajaran untuk suksesnya kegiatan tersebut. Terima kasih. Wassalamu’alaum Wr.Wb.

          2. pak Rano … untuk contoh kongkret RPP lebih baik bapak download dari file materi K13 untuk guru sasaran yang ada di aplikasi SIM PKB. Silahkan masuk dengan username dan password SIM PKB
            Di dalam akun pak Rano pasti ada link materi K13 untuk guru sasaran … nah di dalamnya ada banyak materi termasuk contoh RPP … resmi yang dikirim oleh Kementerian.
            Saya tidak punya contoh yang lengkap , nanti jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan … jika perlu bisa kita diskusi real time melalui google document pada saat acara berlangsung … google document nya silahkan tayangkan langsung di LCD Projector … jadi saya tahu apa yang didiskusikan atau ditanyakan … dan saya bisa memberi jawaban atau pendapat jika diperlukan …
            Demikian pak Rano … semoga berguna …

  • Avatar rano nurcahyantoro
    rano nurcahyantoro

    Assalamu’alaikum wr.wb. Terima kasih Bapak..atas bantuannya. Mohon Bapak tidak bosan untuk memberikan pencerahan tentang K13 pada saya. Nanti hal-hal yang belum saya pahami terkait dengan pertanyaan teman2 di sekolah akan saya rangkum terlebih dahulu Bapak. Wassalamu’alaikum wr.wb.

    1. Wa alaikum salam wr.wb
      Ok pak Rano … semoga sukses …
      InsyaAllah siap …
      Wassalam …..

  • Avatar Evita Kharisma
    Evita Kharisma

    Assalamualaikum pak. saya mahasiswa keguruan yang akan melakukan microteaching pada semester ini, saya belum memahami dimana akan digunakan analisis materi pembelajaran ini dan apakah sama seperti RPP fungsinya? dan apa boleh saya dikirimkan filenya juga untuk pemahaman saya? hehe.
    sekian terimakasih.

    1. Wa alaikum salam mbak Evita dan rekan2 … ringkasan bimbingan teknis implemenasi K2013 sbb:
      – Analisis SKL KI KD mengahasilkan pemahaman kita tentang (1) keterkaitan KD terhadap KI dan SKL (2) pemahaman kita terhadap KD yaitu dimensi proses kognitif dan bentuk pengetahuan DAN jenis keterampilan dari KD keterampilan … konkret atau abstrak termasuk levelnya (3) kesetaraan antara KD pengetahuan dengan KD keterampilan (4) rekomendasi jika tidak/belum setara (5) PPK yang bersesuaian dengan pasangan KD tersebut. Ini untuk analisis SKL KI KD.
      – Analisis Materi Pembelajaran menghasilkan (1) rumusan Pencapaian Kompetensi (IPK) (2) rumusan Tujuan Pembelajaran dan PPK (3) materi-materi pembelajaran yang sesuai untuk menguasai KD tersebut.
      – Analisis Penerapan Model Pembelajaran menghasilkan (1) kajian dan keputusan Model Pembelajaran yang manakah yang sesuai untuk membelajarkan pasangan KD tersebut (2) pemaduan tahapan 5M dengan sintak model pembelajaran, menjadi langkah-langkah / kegiatan guru dan siswa.
      – Analisis Penilaian Pembelajaran menghasilkan (1) penilaian apa saja yang sesuai untuk KD pengetahuan baik selama proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran (2) penilaian apa yang sesuai untuk menilai keterampilan baik proses maupun hasil

      Jadi … analisis-analisis di atas … sebetulnya guru sedang melakukan pengkajian yang teliti untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil-hasil analisis di atas … di copy paste kan ke dalam Format RPP …. taraaaa … jadilah RPP yang berkualitas baik.
      Demikian mbak Evita … nanti akan saya uraikan lebih panjang pada posting berikutnya … mudahan membantu pemahaman …

      1. Avatar Evita Kharisma
        Evita Kharisma

        Alhamdulillah terimakasih pak buat ilmunya. sangat bermanfaat 🙂

        1. ya … alhamdulillah … o ya … kalau filenya mau dikirim .. boleh … nanti kita bahas sama2

  • PAK BOLEH SAYA MINTA ANALISA KETERKAITAN KI, KD, SKL UNTUK SEJARAH WAJIB SMA ??

    1. maaf pak … saya tidak punya … hanya ngeshare caranya …

  • Bapak apakah cara analisis di atas dapat di terapkan pd semua mapel SMA?
    matur suwun

    1. kalau menurut hemat saya masih bisa bu Dewi … tetapi kalau saya baca … rekan SMA memiliki metode sendiri …

  • Avatar Musdalifah
    Musdalifah

    Assalamu Alaikum pak Rano, terima kasih atas materinya pak. Saya mahasiswa akan menganalis Indikator dan tujuan pembelajaran , serta akan menganalisis Aplikasi secara daring dan luring aplikasi yang akan digunakan untuk evaluasi materi ekosistem Bio sma kls x. mohon bantuannya pak rano dalam membuatkan langkah-langkah analisisnya. Terima kasih pak rano atas pencerahannya.

    1. wa alaikum salam … apakah bu Musdalifah enggak salah naruh komentar ya …? sementara belum saya tanggapi isinya …

  • Assalaamualaikum Pak, tks penjelasannya, jelas dan tidak berbelit-belit, InyaAlloh bisa diterapkan…

  • Avatar Kamiludin
    Kamiludin

    pak bleh minta contoh yang sdh bp buat

  • Avatar DEWI LESTARI
    DEWI LESTARI

    Assalamualaikum pak,
    bagaimana cara saya untuk dapatkan file ini pak, saya sangat membutuhkan,. terimakasih sebelumnya

  • Pak mau donk analisis mapel pkn 7,8,9

    1. coba bu Laura buat satu contoh … nanti saya ikut mendiskusikan … yang seoptimal mungkin

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.