analisis skl ki kd

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD itu apa sih? Mengapa perlu Analisis SKL KI KD ? Bagaimana cara melakukan Analisis SKL KI KD pada K2013 SMK Revisi 2017 ? Pertanyaan-pertanyaan terkait Analisis SKL KI KD itu mungkin menggelayuti banyak pendidik yang telah mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017.

analisis skl ki kd

Analisis SKL KI KD seperti ditunjukkan pada ilustrasi pertama (tabel 1) dan ilustrasi kedua (tabel 2) boleh jadi menimbulkan pertanyaan kita.

  1. Mengapa ada 2 bagian Analisis SKL KI KD ?
  2. Pada gambar 1, Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan?
  3. Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan pada ilustrasi yang ke 2 ?
  4. Mengapa pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 beberapa kata dituliskan dengan warna? Apa maksudnya?
  5. Pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 terdapat kode-kode C2, P1, P2 apa maksudnya?
  6. Apa yang dimaksud dimensi kognitif ?
  7. Apa yang dimaksud bentuk dimensi pengetahuan konseptual ?
  8. Mengapa memahami dinyatakan SESUAI dengan pengetahuan konseptual?
  9. Apa dasar kita menyetarakan C2 dengan P1?
  10. Apa yang harus dilakukan jika terjadi KESETARAAN atau KETIDAKSETARAAN ?
  11. Semua inikah yang dimaksud Analisis SKL KI KD ?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sudah terjawab tetapi tidak tertutup kemungkinan masih banyak yang belum terjawab. Pada kesempatan ini saya coba tuangkan bahan diskusi Analisis SKL KI KD ini.

Tujuan Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD sebagai titik awal perencanaan pembelajaran tentu memiliki maksud dan tujuan. Kita perlu memahami kerangka berpikir terkait analisis skl ki kd ini agar pembelajaran yang kita sajikan berjalan sesuai skema besar pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013. Ok, mari berangkat dari cita-cita dan impian penerapan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013diterapkan BUKAN SEKEDAR UPDATE PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN SAJA. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi baik sikap spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan agar nantinya unggul dalam persaingan global abad 21 ini. Keunggulan ini ditunjang dengan pengembangan keterampilan abad 21 seperti critical thinking, creative thinking, collaborating dan communicating (4 C). Keunggulan-keunggulan ini sudah dicanangkan dan dirumuskan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pada ranah operasional, pembentukan kompetensi lulusan dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks ini, materi pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju tercapainya Standar Kompetensi Lulusan yang dicita-citakan. Materi pembelajaran yang TIDAK LINIER dengan Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan JELAS menjadi PENYEBAB tidak tercapainya kompetensi yang diinginkan. Demikian juga dengan proses pembelajaran. Terbentuknya kompetensi lulusan pada siswa tergantung juga dengan proses pembentukan kompetensi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan optimal jika guru memahami Kompetensi Dasar (KD), dan MENERAPKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK nya agar kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kalimat-kalimat dapat diwujudkan pada diri siswa atau peserta didik.

Analisis SKL KI KD inilah wujud langkah guru meluruskan dan melinierkan perencanaan proses pembelajaran untuk pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan.

Pengertian Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD wajib dipahami oleh setiap pendidik. Analisis SKL KI KD ialah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL KI KD atas berbagai bagiannya, menelaah bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh berbagai informasi pedagogis yang berguna untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar.

Analisis SKL KI KD menjabarkan komponen SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) baik KD Pengetahuan maupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Analisis SKL KI KD juga menjabarkan hubungan dan keterkaitan antar komponen yang di analisis tersebut.

Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP SMK yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan SMK maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP SMK terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.

Memahami Contoh Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD pada setiap mata pelajaran dilakukan mengikuti contoh dalam Bimtek Implementasi K2013. Pada posting ini contoh analisis skl ki kd admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2017.

Cobalah rekan-rekan pembaca amati tabel berikut ini.

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
(PENGETAHUAN)
(KETERAMPILAN)
1 2 3
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Grafikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Grafika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.  
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan pada Kompetensi Keahlian Desain Grafika (3 Tahun)

 

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
(KD-3)
(KD-4)
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran  ·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1 2 3 4 5 6 7
3.1      Memahami pola tata letak. 4.1      Memilih pola tata letak. Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami(C2), dan pola tata letak …adalah bentuk dimensi pengetahuan Konseptual Memahami (C2), SESUAI dipasangkan dengan pola … (pengetahuan konseptual) Memilih adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) KD-3 Memahami (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 memilih (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan, tetapi dire komendasikan KD-3 dinaikkan menjadi menerapkan (C3) KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaranDasar-Dasar Kegrafikaan sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan  metakognitif.

 

Cara Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD dikerjakan secara berturut-turut seperti diuraikan di bawah.

  • Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisis KD 3)

Pada KD contoh di atas berbunyi ... Memahami pola tata letak ... Memahami merupakan tingkat kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa yang menunjukkan tingkat dimensi kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Sedangkan ... pola tata letak ... merujuk kepada ... macam-macam bentuk tata letak yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain tetapi sama-sama dapat digolongkan sebagai pengaturan tata letak. Pengetahuan seperti ini disebut bentuk pengetahuan konseptual.

  • Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar

Setelah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan kita temukan, selanjutnya diperiksa apakah  tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan tersebut SESUAI dipasangkan ? Atas dasar apakah kita menyatakan sesuai atau tidak sesuai ? Lihat pada gambar di bawah ini ....

analisis skl ki kd

Berdasarkan skema di atas .... Memahami atau level C2 sesuai jika dipasangkan dengan bentuk pengetahuan konseptual ... jadi pada KD contoh di atas ... Memahami pola tata letak ... SUDAH SESUAI.

  • Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisis KD 4)

Pada KD 4 contoh di atas berbunyi ... Memilih pola tata letak ... Memilih (pola tata letak) adalah keterampilan kongkrit. Karena keterampilan kongkrit selanjutnya periksa dalam taksonomi Simpson dan Dave dan lihat ... levelnya adalah P2 (manipulasi).  Disimpulkan, memilih adalah keterampilan kongkrit level P2 (manipulasi) . Rekan-rekan perlu melihat kata kerja operasional (KKO) pada taksonomi Simpson atau Dave ini untuk memastikan ... memilih ... itu pada level apa?

analisis skl ki kd
  • Menentukan KESETARAAN taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan  dan rekomendasi nya

Langkah Analisis SKL KI KD selanjutnya adalah menentukan kesetaraan KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan. Seharusnya KD Pengetahuan TIDAK BOLEH lebih rendah dari KD Keterampilan. Mengapa demikian? Logikanya ... untuk melakukan suatu keterampilan diperlukan pengetahuan-pengetahuan sebagai dasar dan pedoman kerja melakukan suatu keterampilan. Logis kan?

Sekarang, bagaimana kita memutuskan KD3 sudah SETARA dengan KD4 ?

Berdasarkan taksonomi Bloom olahan Anderson, taksonomi terklasifikasi menjadi 6 level dari C1 s.d. C6 dan jenjang SMA-SMK sekurang-kurangnya dimulai dari C2 (memahami). Taksonomi keterampilan memiliki 5 level mulai dari P1 s.d. P5 baik taksonomi Simpson maupun taksonomi Dave. Perhatikan ilustrasi berikut :

Analisis SKL KI KD
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN ABSTRAK
TAKSONOMI BLOOM OLAHAN ANDERSON
TAKSONOMI DAVE
TAKSONOMI SIMPSON
TAKSONOMI DYERS
Mengkreasi
C6
Naturalisasi
P5
Menjadi tindakan orisinal Mencipta
Mengevaluasi
C5
Artikulasi
P4
Menjadi gerakan alami Mengomunikasikan
Menganalisis
C4
Presisi
P3
Mahir Mengasosiasi
Menerapkan
C3
Manipulasi
P2
Membiasakan gerakan Mengumpulkan informasi
Memahami
C2
Imitasi
P1
Persiapan, Kesiapan, Meniru Menanya
Mengingat
C1
      Mengamati

KD 3 Memahami (C2) setara dengan level keterampilan Imitasi (meniru) P1 ... sedangkan ... KD 4 Memilih ... pada level ... manipulasi P2 ... oleh karena itu KD 3 DIREKOMENDASIKAN dinaikkan satu tingkat pada tingkat Menerapkan (C3). Ditingkatkan pada Indikator Pencapaian Kompetensi IPK, jadi biarkan bunyi KD 3 nya tetap.

Hasil Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD seperti tampak di atas, memberikan kita informasi penting terkait Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Hasil analisis SKL KI KD penting ini antara lain:

  1. Kompetensi Dasar KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan dan KD Keterampilan cocok berpasangan. Ini berarti kita sudah mantap pada titik tolak yang benar untuk menjabarkan pasangan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi.
  2. Seiring dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif apakah berada pada C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi atau C6 mengkreasi. Hal ini memastikan kita mencari dan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang tepat untuk digunakan dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.
  3. Analisis SKL KI KD menemukan bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural ataupun meta kognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak dan dengan itu memudahkan kita memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan.
  4. Pada tahap ini pula bisa kita bayangkan perolehan hasil belajar apakah pada Low Order Thinking Skills (LOTS) ataukah sudah berada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Latihan Analisis SKL KI KD

 

Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus memperhatikan hal-hal penting di atas.

Demikianlah sharing tentang Analisis SKL KI KD ... semoga menambah pemahaman kita bersama ...

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

KI KD Kurikulum 2013 SMK Terbaru Revisi 2017

KI KD merupakan istilah para pendidik merujuk pada Kompetensi Inti Kompetensi Dasar. KI KD bersama Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK merupakan dokumen penting perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di SMK. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI KD Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 sudah resmi dirilis (DOWNLOAD) sedangkan contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK yang 'dijanjikan', hingga 05 Agustus 2017 ini masih dikembangkan (Apakah akan dirilis juga?). Ketersediaan dokumen Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI KD, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK wajib dan sangat mendesak mengingat tahun pelajaran baru sudah berjalan.

ki-kd-kurikulum-2013-smk-revisi-2017
ki-kd-kurikulum-2013-smk-revisi-2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen NOMOR : 130/D/KEP/KR/2017 Tentang STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN akan segera ditetapkan menyusul keputusan tersebut. Karena itulah hingga posting ini ditulis begitu banyak pembaca blog yang telah menantikan dokumen-dokumen Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK Terbaru Revisi 2017. Rekan-rekan yang memerlukan sharing diskusi K2013 SMK dapat ikuti link gambar di bawah.

ki-kd

KI - Kompetensi Inti Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017

Kompetensi Inti (KI) menurut Permendikbud No. 24 Tahun 2016 yang dibedakan dalam 4 (empat) jenis kompetensi inti, sesungguhnya adalah kompetensi generik untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan SMK pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi Inti (KI) sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas:
a. Kompetensi Inti (KI) sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti (KI) sikap sosial;
c. Kompetensi Inti (KI) pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti (KI) keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar dan ruang lingkup materi yang bersifat spesifik untuk setiap mata pelajaran. Selain untuk pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Kompetensi Inti juga merupakan rujukan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Kurikulum 2013 Revisi Berdasarkan Permendikbud No. 24 2016 

Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK telah diperbaiki pada 7 Juni 2016 dengan penerbitan Permendikbud No. 24 tahun 2016. Perbaikan kompetensi inti ini terbit mempertimbangkan bahwa berdasarkan perkembangan dan kebutuhan pendidikan saat ini diperlukan perbaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang mengakomodasikan prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi Kurikulum 2013 yang telah diperbaiki ini seperti tercantum dalam Lampiran Permendikbud No. 24 Tahun 2016 terdiri atas kompetensi inti-kompetensi inti dan kompetensi dasar-kompetensi dasar mata pelajaran sebagai berikut:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Sejarah Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) untuk mata pelajaran kelompok C yang merupakan ciri khas SMK pada permendikbud No. 24 Tahun 2016 belum tercantum. Karena itulah Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) SMK Revisi 2017  di rilis revisi terbarunya.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Bahasa Indonesia Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu "Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu "Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan".

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Matematika Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu "Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah".
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu "Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan".

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti KI SMK Terbaru Revisi 2017 berdasarkan Pedoman Penataan Ulang Spektrum Keahlian PMK (Edisi 2017) secara generik menggunakan format tertentu. Rumusan Kompetensi Inti SMK Terbaru Revisi 2017 menggunakan format-format seperti contoh berikut:

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________ _______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kelompok A dan B selain PA-BP dan PPKn untuk Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja ______ ___________________________(diisi Nama Mapel) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja _________ _________________ ___________________(diisi Nama Mapel).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kejuruan Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Audio Video
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Audio Video .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Komputer Jaringan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer Jaringan .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Bisnis Daring dan Pemasaran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016-2017

Kompetensi dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Pengertian kompetensi dasar ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016.

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016 yang saat ini (Juni 2017) masih berlaku dan digunakan adalah kompetensi dasar pada mata pelajaran kelompok A dan B, yaitu :

  1. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Matematika
  3. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
  7. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  8. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Seni Budaya
  9. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2017 yang dirilis (Juli 2017) khususnya adalah Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017 pada mata pelajaran kelompok C yaitu mata pelajaran kelompok kejuruan.

Download Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 Kurikulum 2013 atau sering di cari dengan kata kunci ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 sudah dirilis resmi oleh Direktorat PSMK. Seluruh ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 telah dapat di download di posting ini pada link-link di bawah.

DOWNLOAD KI KD (Kompetensi Inti -Kompetensi Dasar) SMK Terbaru Revisi 2017
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD):

1. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa 

    1.1 Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti

        1.1.1 Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan
        1.1.2 Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan
        1.1.3 Bisnis Konstruksi dan Properti
        1.1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

    1.2 Program Keahlian Teknik Geomatika dan Geospasial

        1.2.1 Teknik Geomatika
        1.2.2 Informasi Geospasial

    1.3 Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

        1.3.1 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
        1.3.2 Teknik Jaringan Tenaga Listrik
        1.3.3 Teknik Instalasi Tenaga Listrik
        1.3.4 Teknik Otomasi Industri
        1.3.5 Teknik Pendinginan dan Tata Udara
        1.3.6 Teknik Tenaga Listrik

    1.4 Program Keahlian Teknik Mesin

        1.4.1 Teknik Pemesinan
        1.4.2 Teknik Pengelasan
        1.4.3 Teknik Pengecoran Logam
        1.4.4 Teknik Mekanik Industri
        1.4.5 Teknik Perancangan dan Gambar Mesin
        1.4.6 Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

    1.5 Program Keahlian Teknologi Pesawat Udara

        1.5.1 Airframe Power Plant
        1.5.2 Aircraft Machining
        1.5.3 Aircraft Sheet Metal Forming
        1.5.4 Airframe Mechanic
        1.5.5 Aircraft Electricity
        1.5.6 Aviation Electronics
        1.5.7 Electrical Avionics

    1.6 Program Keahlian Teknik Grafika

        1.6.1 Desain Grafika
        1.6.2 Produksi Grafika

    1.7 Program Keahlian Teknik Instrumentasi Industri

        1.7.1 Teknik Instrumentasi Logam
        1.7.2 Instrumentasi dan Otomatisasi Proses

    1.8 Program Keahlian Teknik Industri

        1.8.1 Teknik Pengendalian Produksi
        1.8.2 Teknik Tata Kelola Logistik

    1.9 Program Keahlian Teknologi Tekstil

        1.9.1 Teknik Pemintalan Serat Buatan
        1.9.2 Teknik Pembuatan Benang
        1.9.3 Teknik Pembuatan Kain
        1.9.4 Teknik Penyempurnaan Tekstil
    
    1.10 Program Keahlian Teknik Kimia

        1.10.1 Analisis Pengujian Laboratorium
        1.10.2 Kimia Industri
        1.10.3 Kimia Analisis
        1.10.4 Kimia Tekstil

    1.11 Program Keahlian Teknik Otomotif

        1.11.1 Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
        1.11.2 Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
        1.11.3 Teknik Alat Berat
        1.11.4 Teknik Bodi Otomotif
        1.11.5 Teknik Ototronik
        1.11.6 Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif
        1.11.7 Otomotif Daya dan Konversi Energi

    1.12 Program Keahlian Teknik Perkapalan

        1.12.1 Konstruksi Kapal Baja
        1.12.2 Konstruksi Kapal Non Baja
        1.12.3 Teknik Pemesinan Kapal
        1.12.4 Teknik Pengelasan Kapal
        1.12.5 Teknik Kelistrikan Kapal
        1.12.6 Desain dan Rancang Bangun Kapal
        1.12.7 Interior Kapal

    1.13 Program Keahlian Teknik Elektronika

        1.13.1 Teknik Audio Video
        1.13.2 Teknik Elektronika Industri
        1.13.3 Teknik Mekatronika
        1.13.4 Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
        1.13.5 Instrumentasi Medik

2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan

    2.1 Program Keahlian Teknik Perminyakan

        2.1.1 Teknik Produksi Minyak dan Gas
        2.1.2 Teknik Pemboran Minyak dan Gas
        2.1.3 Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia

    2.2 Program Keahlian Geologi Pertambangan

        2.2.1 Geologi Pertambangan

    2.3 Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan
    
        2.3.1 Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin
        2.3.2 Teknik Energi Biomassa

3. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

    3.1 Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika

        3.1.1 Rekayasa Perangkat Lunak
        3.1.2 Teknik Komputer dan Jaringan
        3.1.3 Multimedia
        3.1.4 Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

    3.2 Program Keahlian Teknik Telekomunikasi

        3.2.1 Teknik Transmisi Telekomunikasi
        3.2.2 Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

    4.1 Program Keahlian Keperawatan

        4.1.1 Asisten Keperawatan

    4.2 Program Keahlian Kesehatan Gigi

        4.2.1 Dental Asisten

    4.3 Program Keahlian Teknologi Laboratorium Medik

        4.3.1 Teknologi Laboratorium Medik

    4.4 Program Keahlian Farmasi

        4.4.1 Farmasi Klinis dan Komunitas
        4.4.2 Farmasi Industri

    4.5 Program Keahlian Pekerjaan Sosial

        4.5.1 Social Care (Keperawatan Sosial)
        4.5.2 Caregiver

5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi

    5.1 Program Keahlian Agribisnis Tanaman

        5.1.1 Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
        5.1.2 Agribisnis Tanaman Perkebunan
        5.1.3 Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman
        5.1.4 Lanskap dan Pertamanan
        5.1.5 Produksi dan Pengelolaan Perkebunan
        5.1.6 Agribisnis Organik Ekologi

    5.2 Program Keahlian Agribisnis Ternak

        5.2.1 Agribisnis Ternak Ruminansia
        5.2.2 Agribisnis Ternak Unggas
        5.2.3 Industri Peternakan

    5.3 Program Keahlian Kesehatan Hewan

        5.3.1 Keperawatan Hewan
        5.3.2 Kesehatan dan Reproduksi Hewan

    5.4 Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

        5.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
        5.4.2 Pengawasan Mutu Hasil Pertanian
        5.4.3 Agroindustri

    5.5 Program Keahlian Teknik Pertanian

        5.5.1 Alat Mesin Pertanian
        5.5.2 Otomatisasi Pertanian

    5.6 Program Keahlian Kehutanan

        5.6.1 Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan
        5.6.2 Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan
        5.6.3 Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan
        5.6.4 Teknologi Produksi Hasil Hutan

6. Bidang Keahlian Kemaritiman

    6.1 Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan

        6.1.1 Nautika Kapal Penangkap Ikan
        6.1.2 Teknika Kapal Penangkap Ikan

    6.2 Program Keahlian Pelayaran Kapal Niaga

        6.2.1 Nautika Kapal Niaga
        6.2.2 Teknika Kapal Niaga

    6.3 Program Keahlian Perikanan

        6.3.1 Agribisnis Perikanan Air Tawar
        6.3.2 Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
        6.3.3 Agribisnis Ikan Hias
        6.3.4 Agribisnis Rumput Laut
        6.3.5 Industri Perikanan Laut

    6.4 Program Keahlian Pengolahan Hasil Perikanan

        6.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan

7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

    7.1 Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran

        7.1.1 Bisnis Daring dan Pemasaran

    7.2 Program Keahlian Manajemen Perkantoran

        7.2.1 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

    7.3 Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan

        7.3.1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga
        7.3.2 Perbankan dan Keuangan Mikro
        7.3.3 Perbankan Syariah

8. Bidang Keahlian Pariwisata

    8.1 Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata

        8.1.1 Usaha Perjalanan Wisata
        8.1.2 Perhotelan
        8.1.3 Wisata Bahari dan Ekowisata

    8.2 Program Keahlian Kuliner

        8.2.1 Tata Boga

    8.3 Program Keahlian Tata Kecantikan

        8.3.1 Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
        8.3.2 Spa dan Beauty Therapy

    8.4 Program Keahlian Tata Busana

        8.4.1 Tata Busana
        8.4.2 Desain Fesyen

9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif

    9.1 Program Keahlian Seni Rupa

        9.1.1 Seni Lukis
        9.1.2 Seni Patung
        9.1.3 Desain Komunikasi Visual
        9.1.4 Desain Interior dan Teknik Furnitur
        9.1.5 Animasi

    9.2 Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya

        9.2.1 Kriya Kreatif Batik dan Tekstil
        9.2.2 Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi
        9.2.3 Kriya Kreatif Keramik
        9.2.4 Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan
        9.2.5 Kriya Kreatif Kayu dan Rotan

    9.3 Program Keahlian Seni Musik

        9.3.1 Seni Musik Klasik
        9.3.2 Seni Musik Populer

    9.4 Program Keahlian Seni Tari

        9.4.1 Seni Tari
        9.4.2 Penataan Tari

    9.5 Program Keahlian Seni Karawitan

        9.5.1 Seni Karawitan
        9.5.2 Penataan Karawitan

    9.6 Program Keahlian Seni Pedalangan

        9.6.1 Seni Pedalangan

    9.7 Program Keahlian Seni Teater

        9.7.1 Pemeranan
        9.7.2 Tata Artistik Teater

    9.8 Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film

        9.8.1 Produksi dan Siaran Program Radio
        9.8.2 Produksi dan Siaran Program Televisi
        9.8.3 Produksi Film dan Program Televisi

Subcategories